Kunjungi Kantor Pusat Raja Teknologi Dunia di Silicon Valley

Travel09 October 2021

By Listya Manopo

Kunjungi Kantor Pusat Raja Teknologi Dunia di Silicon Valley

Indonesia sedang dalam tahap membangun Bukit Algoritma, yaitu di mana kantor-kantor teknologi akan ditempatkan dalam satu wilayah. Bagaimana dengan inspirasi aslinya yaitu Silicon Valley di Amerika Serikat?


Silicon Valley terletak di bukit Santa Clara, di daerah Bay Area, belahan utara California, dan hanya berjarak satu jam perjalanan mobil dari San Francisco. Di sinilah kantor-kantor pusat teknologi dan inovasi yang terkenal di dunia berkumpul.

Daerah ini disebut Silicon Valley karena terdapat banyak perusahaan yang membuat semikonduktor sebagai bahan pembuatan computer di area ini, dan bahan utama dari semikondiktor adalah silikon. Di tempat inilah teknologi canggih seperti mikroprosesor, microcomputer, sirkuit berbasis silikon dan lain sebagainya diciptakan.

Banyak perusahaan kelas dunia seperti Google, Facebook, Apple dan banyak lagi memiliki kantor pusat di sini. Karena kepopuleran perusahaan-perusaaan ini, banyak orang yang datang mengunjungi kantor-kantor pusat tersebut hanya sekedar untuk berfoto atau pun kalau beruntung memiliki kenalan yang merupakan karyawan, dapat memasuki kantor tersebut dan melihat lebih dekat bagaimana pegawai mereka bekerja.

Berikut tempat-tempat di Silicon Valley yang wajib dikunjungi:

Googleplex
Berlokasi di Mountain View, Googleplex dikenal dengan fasilitasnya yang nyaman dan juga menyenangkan bagi para karyawannya. Pengunjung dapat berfoto di depan gedung yang bertanda Google, ataupun menaiki Google bike yang terkenal dengan warna cerahnya (merah, hijau, kuning, biru).

Facebook HQ
Kantor pusat raksasa media sosial ini ada di Menlo Park dan sering didatangi orang untuk berfoto di depan tanda Like (Thumbs Up) di depan kompleksnya. Sayangnya, untuk masuk ke dalam, perlu ditemani oleh karyawan yang kenal dengan Anda ataupun melalui undangan khusus


Apple Park
Apabila anda pengguna perangkat Apple, kota pertama yang ada di aplikasi Weather adalah Cupertino, di mana kantor pusat Apple berada. Gedung Apple Park yang lumayan baru berdiri ini (dibuka tahun 2017) menyerupai sebuah pesawat luar angkasa yang sangat besar.


Tesla Motors
Walaupun Tesla belum membuka kantornya di Palo Alto untuk dikunjungi masyarakat, Anda tetap bisa mencoba untuk test drive mobil listrik mereka. Apabila Anda memang berniat membeli mobil hits ini, Anda dapat merekues untuk mengunjungi pabriknya.


Stanford University
Sebagai salah satu universitas Ivy League, Stanford hanya diisi oleh mahasiswa-mahasiswa terpintar dari seluruh dunia. Dengan reputasinya dan juga desain kampus yang cantik, universitas ini sering dikunjungi oleh turis. Jangan lupa untuk mengambil opsi walking tour untuk melihat apa saja yang ada di sini.