Kompetisi Desain Toilet NASA Berhadiah Ratusan Juta Rupiah, Siap Gabung?

Design21 July 2020

By Larasati Oetomo

Kompetisi Desain Toilet NASA Berhadiah Ratusan Juta Rupiah, Siap Gabung?

NASA membuka kompetisi desain toilet “Lunar Loo Challenge” untuk proyek Artemis 2024.


Menyambut proyek ekspedisi ke bulan tahun 2024 berjudul Artemis, NASA membuka kompetisi desain unik untuk para insinyur dan desainer. Kompetisi berjudul “Lunar Loo Challenge” ini terbuka untuk umum secara global dengan dua kategori pemenang: Technical Category dan Junior Category.

Technical Category terbuka untuk siapa saja yang berusia 18 tahun ke atas yang berpartisipasi sebagai individu atau sebagai tim. Junior Category terbuka untuk siapa saja di bawah usia 18 tahun baik berpartisipasi sebagai individu atau sebagai tim. Peserta yang berusia 12 tahun atau lebih muda harus memiliki orang tua atau wali untuk mengajukan atas nama mereka.

Sistem penilaian dari kompetisi desain unik ini sebetulnya cukup sederhana. Pengajuan desain akan dievaluasi berdasarkan kemampuan yang diusulkan, kematangan teknis, keselamatan, dan nilai inovasi secara keseluruhan.

Lunar Loo Challenge memiliki total hadiah uang senilai $35.000 atau sekitar Rp517 juta yang akan dibagikan kepada tiga desain terbaik. Tiga peserta terbaik dalam kategori junior masing-masing akan menerima pengakuan publik NASA dan HeroX serta merchandise resmi NASA. Sertifikat pemenang juga akan dibagikan.

"Astronot kami mencapai prestasi luar biasa dalam sains dan eksplorasi ruang angkasa. Tetapi pada akhirnya, mereka masih manusia. Kita perlu memberi mereka kebutuhan yang sama seperti di Bumi agar mereka dapat terus melakukan pekerjaan mereka,” ungkap Mike Interbartolo, manajer Lunar Loo Challenge dari Kantor Kompartemen Kru Sistem Pendaratan Manusia (HLS) NASA di Johnson Space Center NASA, Houston.

Desain yang memenangkan kompetisi ini dapat disesuaikan untuk digunakan di pendaratan bulan Artemis yang membawa astronot ke bulan. Perlu diingat bahwa desain unik yang dibuat perlu dirancang dapat bekerja pada gravitasi mikro dan gravitasi bulan. Sementara gravitasi bulan setara dengan seperenam gravitasi bumi, gravitasi mikro disebut sebagai “zero-g” atau gravitasi nol tanpa gaya berat.

Meskipun toilet ruang angkasa sudah ada dan sedang digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, toilet tersebut dirancang untuk gaya berat mikro saja. Program Sistem Pendaratan Manusia NASA sedang mencari perangkat generasi berikutnya yang lebih kecil, lebih efisien, dan mampu bekerja dalam gravitasi mikro dan gravitasi bulan.

Nah, siapa yang tertarik untuk kirim desain toilet ulang alik ke NASA? Cek nasa.gov/lunar-loo-challenge untuk info terbaru.