Share
Koleksi TOTON 2024 bertajuk INGATAN, Menerawang Jejak Pakaian Indonesia
Jasmine Ayunda
01 August 2023

Koleksi terbaru TOTON 2024, berjudul 'INGATAN', merupakan hasil inspirasi dari pertanyaan tentang pakaian Indonesia yang masih belum terjawab.


Dengan didasari obsesi mencari jawaban, fashion designer Toton Januar menggali kenangan keluarga dan masa kecilnya. Dari sini, konsep koleksi 'INGATAN' terbentuk dengan mengacu pada aspek berpakaian masa lalu, termasuk selendang dan aksesori, yang diubah menjadi desain modern, seperti cropped top, vest, dan gaun panjang. Koleksi ini mempertahankan keaslian pakaian Indonesia dengan menggunakan bahan upcycle, diantaranya renda dari gorden, lace dari taplak meja, denim, dan batik vintage dari koleksi pribadi Toton Januar. Warna-warna alami, skin tone, cokelat, hitam, nuansa keemasan, dan semburat merah muda, ungu, serta seafoam green memperkuat kesan elegan dari koleksi ini.

Toton 1

Toton 2

Fashion show bertajuk ‘INGATAN’ ini pun menjadi annual show pertama sang desainer. Sebelumnya, ia mengikuti sistem produksi musiman yang akhirnya pandemi lalu memaksa perubahan menuju pola kerja yang lebih sederhana dan berkelanjutan. Dalam pertimbangannya, Toton memutuskan untuk berproduksi hanya sekali setahun dengan penekanan pada gagasan fashion, Pergeseran ini menandai transformasi TOTON dari koleksi ready-to-wear menjadi fashion label premium dengan estetika unik. Koleksi 'INGATAN' menjadi ajang untuk merenungkan dan menghargai kembali warisan pakaian Indonesia dengan sentuhan kreatif yang modern.

Toton 2

Toton 4

Dengan perpaduan kearifan lokal serta eksperimen fashion, TOTON 2024 berhasil menciptakan koleksi yang memukau dan penuh makna. 'INGATAN' menjadi cerminan sejarah dan identitas bangsa, serta menjadi sarana untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke dunia. Toton Januar telah membuktikan bahwa fashion dapat menjadi media yang kuat dalam mengenang masa lalu, menggugah kenangan yang berarti, yang kemudian menerjemahkan keindahan tradisi menjadi karya kontemporer yang menginspirasi.

TOton 5

Toton 6

Toton 7

Foto: Dok. TOTON