Share
Ketahui Manfaat Daun Salam untuk Tubuh yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
06 June 2023

Salam merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya biasa digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Namun tahukah Anda, bahwa selain berfungsi sebagai rempah yang memperkuat cita rasa makanan, daun salam juga miliki manfaat yang baik untuk kesehatan.


Tanaman ini menyimpan banyak manfaat yang terkandung di dalam daun dan minyaknya, kandungan tersebut antara lain senyawa seperti niasin, serat, tanin, dan vitamin C. Daun salam juga memiliki banyak komponen aktif, seperti a-terpineol, geranyl acetate, a-pinene, ß-pinene, myrcene, metil chavicol, limonene, linalool, neral, eugenol, dan chavicol. Senyawa-senyawa tersebut bekerja sebagai antiseptik, antioksidan, pencernaan, dan bersifat antikanker. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Mengandung Zat Antikanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun salam memiliki mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dalam daun salam yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan polifenol yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Zat ini membantu proses pemulihan pengidap diabetes dan berguna untuk menurunkan kadar gula darah serta kolesterol.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, C, dan zinc yang terdapat di dalam daun salam mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas.

Mencegah Hipertensi

Daun salam yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.