Ketahui 3 Kebiasaan Buruk Ini yang dapat Merusak Kulit Wajah
Bunga Revina
20 July 2022

Selain dengan menggunakan produk skincare yang tepat, menghindari kebiasaan buruk ini juga dapat menjadi kunci untuk menjaga kulit agar tetap sehat.


Saat ini, merawat kulit wajah dengan penggunaan skincare telah menjadi kebiasaan sehari-hari, karena dilakukan saat setelah mandi, sebelum menggunakan makeup, dan sebelum tidur. Namun, tak hanya merawat kulit yang menjadi kebiasaan, merusak kulit pun bisa dilakukan dengan kegiatan sehari-hari yang seringkali tidak disadari.

Tidak menghapus makeup dengan bersih

Biasanya, karena kegiatan yang melelahkan bisa membuat Anda malas menghapus make-up dengan benar, entah hanya dengan sekali pembersihan, atau bahkan langsung dicuci dengan air saja. Hal ini dapat menyebabkan kuman bertumpuk pada kulit, dan berakhir dengan tumbuhnya jerawat.

Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu step skincare yang penting dilakukan selama 1 kali dalam seminggu. Gunanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Namun, jika terlalu sering dilakukan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan berujung pada iritasi kulit.

Malas menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen merupakan hal penting di step skincare terakhir. Sunscreen adalah skincare yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jika Anda malas menggunakan sunscreen, hal ini akan berakibat pada kulit yang terasa terbakar, warna kulit yang tidak merata, dan munculnya komedo. Pemakaian sunscreen pun dianggap sebagai investasi kulit di masa tua, karena kulit yang rutin menggunakan sunscreen akan terlihat lebih muda.