Kerajaan Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Tutup Usia di Umur 96 Tahun
Novita Angelina
09 September 2022

Pada Jumat tengah malam waktu Indonesia, Istana Buckingham membagikan kabar duka mengenai meninggalnya Ratu Elizabeth II di usia 96 tahun setelah kondisinya memburuk beberapa waktu belakang.


Raja Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II tutup usia pada pukul 12:32 siang waktu setempat. Sebelumnya pihak Istana telah menginformasikan mengenai kabar kesehatan sang Ratu yang memburuk pada Kamis pagi. Para dokter menjadi khawatir akan kesehatannya, oleh karena itu keluarga Kerajaan pun dikabarkan langsung datang mengunjungi Ratu yang sedang berada di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Seluruh anak dan cucu Ratu Elizabeth datang berkumpul di Balmoral untuk menemani saat-saat terakhir Ratu Elizabeth, termasuk di antaranya Pangeran Charles dan istrinya Camilla serta Pangeran William. Saat itu, Pangeran Harry pun dikabarkan langsung bertolak dari Amerika Serikat untuk mengunjungi sang nenek.

Meninggalnya Queen Elizabeth II tentu meninggalkan duka yang mendalam tidak hanya pada keluarga Kerajaan dan masyarakat Inggris, namun juga dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia karena sang ratu diketahui menjadi pemimpin tertua di dunia dan juga penguasa terlama di Inggris.

Sepeninggalan Ratu Elizabeth II, Prince of Wales, Charles secara langsung menjadi raja berdasarkan protokol Kerajaan yang sudah dilaksanakan sejak berabad-abad lalu. Ia mendapat sebutan Raja Charles III. Ia bersama Permaisuri Camilla tetap berada di Balmoral dan kembali ke London esok hari untuk memberikan penghormatan terakhir kepada sang Ibu. “Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam dan persemakmuran serta oleh banyak orang di seluruh dunia," ungkap Raja Charles III pada sebuah pernyataan yang dirilis.

Ratu Elizabeth II sendiri rencananya akan dimakamkan 10 hari setelah tanggal kematiannya. Sang Ratu akan dikebumikan di Kastil Windsor, tepatnya di Kapel Memorial Windsor, yakni di tempat yang sama dengan makam ayah, ibu dan adik perempuannya, yaitu Raja George VI, Ratu Elizabeth, dan Putri Margaret. Pemakaman Ratu Elizabeth juga akan dilaksanakan bersamaan dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip yang meninggal tahun 2021 lalu. Pangeran Philip yang awalnya dikebumikan di Royal Vault Kapel St. George, rencananya akan dipindahkan ke Kapel Memorial Windsor, tempat Ratu Elizabeth II akan dikebumikan.