Share
Kenali Tingkatan Kematangan Daging Steak Yang Mempengaruhi Rasa Dan Tekstur
Vina Meliana
25 April 2022

Mengkonsumsi steak memang melezatkan, cita rasa daging yang di-grill membuat makanan barat satu ini populer di dunia.


Steak merupakan salah satu makanan barat yang dapat Anda temukan di restaurant western. Makanan satu ini memang sangat populer karena memberikan cita rasa dari grill daging itu sendiri. Kebanyakan orang memasak steak tidak memakai bumbu penguat, namun mereka hanya membutuhkan mentega, merica dan garam untuk menjadi bumbu pelengkap.

Hal yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah tekstur dari daging tersebut yang akan membuat steak terasa lebih enak. Tentu, steak yang dimasak dengan waktu yang berbeda dapat mempengaruhi tekstur dan cita rasa yang diciptakan dari daging steak itu sendiri.

Berikut jenis tingkatan dalam daging steak yang memberikan tekstur dan kelezatan daging yang berbeda.

Rare

Jenis tingkatan kematangan pada steak ini adalah yang paling rendah daripada jenis yang lainnya. Maka dari itu, Anda hanya perlu tiga menit saja untuk mendapatkan tingkat kematangan jenis rare. Rasa yang lembut dan meleleh di lidah membuat sajian ini cocok untuk yang menyukai steak yang lembut dan tidak terlalu matang.

Medium Rare

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapati hasil medium rare adalah berkisar lima menit. Jenis tingkatan dalam steak ini cocok untuk Anda yang menyukai tekstur yang seimbang dengan kekenyalan dan kelembutan pas ketika dikunyah bersamaan.

Medium Well

Jenis tingkatan dalam daging ini tidak terlalu juicy karena kematangan daging hampir sempurna yaitu berkisar 70%. Untuk mendapatkan tingkatan kematangan medium well, Anda bisa memasak daging hingga sepuluh menit sampai daging tersebut terlihat hampir matang.

Welldone

Daging matang ini cocok untuk Anda yang tidak menyukai steak setengah matang. Tentu Anda membutuhkan waktu yang lama untuk memasak steak jenis welldone ini dan juga harus memastikan daging dapat matang dengan sempurna. Namun, kebanyakan orang tidak menyukai tingkatan kematangan dari daging ini karena menghasilkan tekstur yang keras dan kurang juicy ketika dikonsumsi.