Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kenali Perbedaan Gelato dan Ice Cream, Pilihan Dessert Dingin Penggugah Selera

Wine & Dine24 February 2022

By Vina Meliana

Kenali Perbedaan Gelato dan Ice Cream, Pilihan Dessert Dingin Penggugah Selera

Bagi yang menyukai dessert pasti tidak akan melewatkan makanan yang menyejukan mulut seperti ice cream dan gelato. Meskipun begitu, kebanyakan orang masih sulit membedakan kedua dessert ini karena dari bentuk dan tampilannya yang hampir sama.


Walaupun mempunyai rasa yang enak dan creamy. Namun ada beberapa perbedaan dari dua dessert ini yang perlu Anda ketahui sebagai penikmat dessert.

Bahan Yang Digunakan

Dari segi bahan, gelato dengan ice cream memiliki beberapa perbedaan. Ice cream menggunakan kuning telur, banyak krim dan tidak memasukan banyak susu di dalamnya. Sedangkan komposisi yang ada gelato tidak menggunakan kuning telur dan memasukan banyak susu dan sedikit krim.

Cara Pembuatan

Kedua dessert manis ini awalnya memiliki tahapan yang sama yaitu bahan-bahan nya harus diaduk terlebih dahulu. Namun yang berbeda dari kedua makanan ini adalah pada overrun atau kadar udara yang dibutuhkan.

Gelato lebih membutuhkan kadar udara yang rendah sedangkan ice cream membutuhkan kadar udara yang tinggi. Hal tersebut yang membuat hasil akhir antara gelato dengan ice cream berbeda.

Segi Rasa dan Tekstur

Gelato memiliki rasa yang halus di mulut dan teksturnya lebih padat daripada ice cream. Hal tersebut yang membuat gelato mudah dicerna. Sedangkan ice cream memiliki tekstur yang ringan dan lebih kesat di mulut.

Rendah Kalori

Dari sisi kalori yang terkandung di dalamnya, gelato lebih unggul dalam rendah kalori karena bahannya yang rendah lemak. Namun, memakan gelato harus dalam jumlah yang wajar karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Sedangkan ice cream lebih tinggi kalori karena bahan-bahanya yang mengandung banyak lemak daripada gelato.