Share
Kenali Perbedaan Antara Ristretto, Espresso dan Lungo Yang Akan Menentukan Rasa Kopi
Vina Meliana
13 April 2022

Ekstraksi kopi ristretto, espresso dan lungo memiliki perbedaan dari segi rasa dan tekstur yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih jenis ekstraksi yang akan Anda konsumsi.


Mengkonsumsi kopi merupakan salah satu kebiasaan banyak orang untuk mendapatkan energi dan tenaga dalam satu seruputan kopi. Semua orang bebas untuk memilih jenis atau takaran kopi yang ingin mereka konsumsi.

Ristretto, espresso dan lungo merupakan beberapa jenis ekstraksi kopi yang dapat Anda pilih ketika berkunjung ke coffee shop. Bagi Anda yang masih belum begitu mengenal mengenai jenis kopi tersebut, berikut perbedaan dari ekstraksi kopi ristretto, espresso dan lungo.

Ristretto

Jenis ekstraksi yang ada pada Ristretto ini termasuk dalam kategori yang rendah. Kebanyakan orang memilih ristretto supaya bisa menikmati kopi yang tidak terlalu strong seperti espresso.

Proses penyeduhan yang sebentar membuat biji kopi yang terekstrak dengan air panas lebih sedikit. Selain itu, Anda hanya membutuhkan waktu 15 detik saja untuk mengekstrak kopi. Proses ini lebih cepat dibanding kopi lainnya, sehingga membuat rasa yang didapatkan dari proses ekstrak biji kopi ini terasa lebih light, creamy dan manis.

Espresso

Jenis ekstraksi ini medium yang berarti tidak strong dan juga tidak terlalu light. Takaran dalam satu gelas espresso berkisar 30 ml hasil dari diproses selama 30 detik. Lamanya proses pengolahan membuat rasa yang dihasilkan dalam ekstraksi espresso memiliki tekstur yang kental dan juga padat.

Kekentalan yang dihasilkan oleh espresso membuat rasa kopi ini terasa lebih strong dibandingkan dengan dua jenis kopi lainya yaitu ristretto dan lungo karena semua biji kopi diekstrak dengan takaran yang pas.

Lungo

Teknik lungo ini menghasilkan air dari penyaringan kopi lebih banyak daripada dua jenis lainnya. Namun karena lebih banyak air yang dihasilkan membuat cita rasa kopi tidak terlalu strong.

Waktu yang dihasilkan dari proses lungo ini berkisar 1 menit karena takaran air yang dihasilkan juga banyak. Lungo cocok untuk Anda yang ingin menikmati kopi dengan kadar air yang tinggi dan tidak terlalu strong ketika diminum.