Share
Kenali Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Dapat Mengganggu Penampilan
Clara Enocensia
09 April 2022

Kemunculan flek hitam pada kulit wajah terkadang cukup mengganggu bahkan menurunkan kepercayaan diri. Mari kenali apa saja macam-macam penyebab flek hitam di wajah.


Wajah glowing, bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, berbagai aktivitas di luar ruangan membuat kulit terpapar sinar matahari secara langsung, juga polusi, debu, kotoran dan udara tidak sehat lainnya. Dengan kondisi tersebut, hal ini akan dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah ataupun masalah kulit lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana menghilangkan flek hitam, lebih baik mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pada dasarnya, flek hitam pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Mari simak ulasan berikut mengenai apa saja faktor penyebab munculnya bintik hitam pada kulit.

1. Paparan Sinar UV

Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah. Sehingga penggunaan sunscreen atau sunblock setiap hari sangat dianjurkan untuk kulit Anda sebelum beraktivitas ke luar.

2. Hormon
Hormon yang tidak seimbang adalah penyebab flek hitam di wajah. Ketidakseimbangan ini biasanya terjadi pada hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating. Sehingga kondisi seperti ini akan lebih sering dialami wanita hamil. Flek hitam ini akan muncul pada trimester ketiga kehamilan.

3. Jerawat
Jerawat hampir selalu meninggalkan flek hitam di wajah. Meski dapat memudar seiring waktu, disarankan untuk tidak menyentuh atau memecahkan jerawat guna menghindari tinggalnya bintik hitam pada kulit wajah.

4. Kosmetik
Kandungan dari kosmetik tertentu bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hal ini disebabkan karena terdapat bahan kimia dalam kosmetik. Bahan kimia ini dapat memicu melanocyte atau terjadinya produksi melanin berlebihan. Beberapa bahan dalam kosmetik juga dapat memicu fotosensitivitas. Kondisi ketika kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan seharian.

.