Kenali Manfaat dan Efek Samping Serum Vitamin C Sebelum Menggunakannya
Dewi Anggriani Siregar
15 March 2022

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang sangat baik dan diperlukan oleh kulit, namun vitamin C juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan sebelum Anda menggunakannya.


Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya aman untuk mencerahkan, mengurangi kemerahan, mengurangi hiperpigmentasi, mengurangi munculnya lingkaran di bawah mata, melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, serta dapat membantu menghilangkan dark spot pada wajah.

Namun, selain memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan untuk kulit, semua produk kulit tentu berpotensi menyebabkan efek samping. Oleh sebab itu Anda harus mengenali dengan baik jenis kulit yang Anda miliki dan jenis produk apa yang harus Anda hindari.

Efek Samping Vitamin C

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare yang mengandung vitamin C. Sebab apabila tidak cocok, vitamin C di wajah sensitif justru dapat menimbulkan iritasi, kemerahan, beruntusan, bahkan jerawat. Hindari produk dengan asam L-askorbat. Anda bisa menggantinya dengan produk magnesium ascorbyl phosphate yang memiliki kemungkinan iritasi lebih kecil.

Untuk kulit sensitif, Anda mungkin bisa mencoba menggunakan serum yang memiliki kadar vitamin c lebih sedikit. Jika khawatir untuk mencobanya di wajah, Anda bisa melakukan percobaan selama beberapa hari dengan mengaplikasikan serum vitamin C di satu titik terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terdapat efek samping pada kulit Anda.

Penggunaan Serum Vitamin C

Anda bisa menggunakan serum vitamin C ini pada pagi atau malam hari. Akan tetapi, jika menggunakannya di pagi hari jangan sampai Anda melewatkan step untuk memakai sunblock atau sunscreen.

Jika Anda sedang menggunakan skincare lain yang berbahan acid, sebaiknya hindari untuk memakai keduanya secara bersamaan, sebab vitamin C juga bersifat asam dan dikhawatirkan akan berlebihan serta menimbulkan masalah kulit lainnya.

Anda mungkin bisa memakainya secara bergantian, misal vitamin C di pagi hari dan skincare berbahan acid lainnya di malam hari. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu serta menggunakan toner sebelum mengaplikasikan vitamin C di wajah Anda