Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kenali Fenomena Projection, Insecure Menjadi Benci Orang Lain, Berikut Penyebabnya

Relationship05 May 2022

By Shela Dhamayanti

Kenali Fenomena Projection, Insecure Menjadi Benci Orang Lain, Berikut Penyebabnya

Apakah Anda sering melihat komentar sosial media seperti 'sok cantik', 'sok asik', 'sok pinter', dan lain-lain. Hal tersebut bisa juga merupakan bentuk projection, atau bentuk mekanisme self-defense untuk membuat diri merasa lebih baik.


Sebenarnya jika ditelusuri, ucapan menjatuhkan seperti itu bisa jadi karena dia merasa insecure dengan kecantikannya atau benci karena orang lain terlihat lebih pintar, dan merasa iri hati karena merasa dirinya lebih menyenangkan dari orang lain. Penjelasan ini juga seperti penggambaran bahwa Anda membenci orang lain tanpa sebab. Perasaan iri, dengki, dan benci ini jika ini dibiarkan terlalu sering tentu akan membuat hati menjadi tidak sehat.

Maka dari itu, Anda harus lebih sadar jika perasaan dan pikiran Anda sudah mengarah ke hal negatif. Menurut Psychology Today, the things people hate about others are things that they fear within themselves yang berarti hal-hal yang dibenci dengan orang tersebut sebenarnya itulah yang mereka takuti.

Why Do We Hate?

Belum Mengenal Orang Lain Secara Dekat

Hal ini sering membuat Anda salah paham dan membenci orang lain tanpa sebab yang jelas. Ketika Anda belum mengenal orang lain, Anda bisa saja memberikan penilaian salah. Mungkin yang sebenarnya belum tentu orang tersebut memiliki karakter seperti itu.

Takut Akan Hal Berbeda

Tanpa disadari, ternyata Anda bisa membenci orang lain tanpa sebab. Pola pikir ini biasanya timbul rasa benci pada orang lain karena takut tersaingi. Kenyataannya tidak semua sesuai dengan apa yang dipikirkan, jadi Anda harus bisa belajar menghargai orang lain.

Iri Hati

Perasaan iri disebabkan tidak mampu menjadi sebaik orang lain sehingga memicu perasaan benci yang tidak beralasan. Iri hati menyebabkan permusuhan yang membuat Anda semakin merasa tersaingi oleh orang di sekitar.

Tidak Percaya Diri

Tidak percaya diri menyebabkan rasa insecure dengan diri sendiri. Anda melihat bahwa sesuatu di dalam orang lain tidak dapat Anda miliki. Harus disadari bahwa semua orang memiliki keistimewaan masing-masing, cobalah Anda melihat kelebihan sendiri, dan asah bakat itu.

BACA JUGA: Kenali Red Flag Pertanda Bahaya Dalam Sebuah Hubungan, Hati-hati Anda Bisa Terjebak