Share
Kenali 4 Jenis Toner Ini Beserta Fungsinya untuk Kulit
Bunga Revina
06 July 2022

Dengan mengenali jenis-jenis toner ini, dapat membantu Anda mengetahui jenis toner mana yang menjadi kebutuhan kulit Anda.


Toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang sudah banyak digemari karena manfaatnya yang tidak sedikit. Salah satunya untuk membersihkan, melembabkan, bahkan mencerahkan kulit. Biasanya, toner juga memiliki manfaat khusus seperti detoksifikasi kulit, membersihkan pori-pori, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, menutrisi kulit, dan menyeimbangkan pH kulit.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis-jenis toner yang memiliki perbedaan fungsi untuk kulit wajah. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Hydrating Toner

Berfungsi untuk membersihkan hidrasi serta menyeimbangkan pH kulit setelah dibersihkan. Beberapa kandungannya seperti hyaluronic acid, rosewater, chamomile, hingga aloe vera.

2. Exfoliating Toner

Berfungsi untuk mengatasi sel kulit mati yang menumpuk. Beberapa kandungan lainnya seperti AHA, BHA, dan PHA yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

3. Balancing Toner

Fungsi utamanya untuk menyeimbangkan pH kulit secara maksimal, khususnya setelah mencuci muka. Anda dapat menggunakan produk ini dengan metode double tone yang diaplikasikan sebelum jenis toner lainnya.

4. Clarifying Toner

Berfungsi sebagai pembersih dan penyegar. Jenis toner ini diformulasikan untuk mengatasi masalah minyak berlebih, pori-pori yang tampak besar, serta mencegah timbulnya jerawat. Oleh karena itu, umumnya toner ini digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.