Share
Kemenperin Dukung Potensi Desainer Fesyen Indonesia melalui MOFP
Rizka Putri Sonia
24 September 2020

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka menyelenggarakan muslim Modest Fashion Project (MOFP) ketiga di tengah situasi pandemi.


Bertujuan untuk mengembangkan potensi desainer fesyen muda Indonesia, MOFP 2020 kembali hadir dan kali ini khusus diselenggarakan secara virtual.

“Tahun ini, MOFP 2020 akan diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2018. Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring para wirausaha muda di bidang fesyen muslim yang memiliki basis sebagai desainer untuk kemudian dibina selama 2 tahun,” ungkap Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih pada sambutannya di acara Road to Modest Fashion Project 2020.

Gati kemudian menjelaskan bahwa melalui kompetisi MOFP ini pihaknya akan memberikan pembinaan selama 2 tahun melalui berbagai kegiatan seperti coaching, capacity building dan fasilitasi kegiatan pendukung lainnya agar dapat menjadi pelaku usaha di bidang fesyen muslim yang berdaya saing.

Sebagai bentuk wujud cinta terhadap Indonesia, Warna Wastra menjadi tema pergelaran acara MOFP 2020 yang melambangkan keanekaragaman budaya Nusantara warna-warni keindahan Indonesia, adat, suku bangsanya yang tertuang dalam sebuah kain yang beragam dari Sabang sampai Merauke dengan keindahannya.

Perkembangan jumlah umat muslim dunia menjadi salah satu pemicu utama yang mendorong pertumbuhan industri fesyen muslim. Tercatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fesyen muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki. Menurut Gati, hal ini menunjukkan peluang besar bagi Indonesia untuk dapat berada pada urutan pertama dan menjadi salah satu pusat fesyen muslim di dunia.

Industri fesyen muslim pun memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Melihat segala potensi dan keunggulan sektor industri fesyen muslim di Indonesia maka pada kesempatan tersebut Gati juga mengajak para desainer, pemerintah, pelaku industri, market place, akademisi serta seluruh stakeholder terkait untuk dapat bersama-sama memaksimalkan potensi dan terus mempromosikan dan memperkenalkan industri fesyen muslim Indonesia apalagi dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

Pendaftaran MOFP 2020 akan ditutup pada tanggal 30 September 2020 melalui tautan bit.ly/pendaftaranmofp2020. Seluruh tahapan penjurian dan inagurasi akan dilaksanakan secara daring (online) dengan total hadiah sebesar 75 Juta Rupiah.