Kembalinya Tren Gaya Berpakaian Feminin Serba Pink Lewat Estetika Coquette
Putrika Annaya Salsabila
18 August 2022

Gaya yang dianggap trendy saat ini mungkin lebih kepada gaya yang kasual, santai, dan netral. Namun, siapa sangka gaya berpakaian girly dengan unsur serba pink akan kembali lagi?


TikTok memang tidak pernah gagal dalam memviralkan suatu hal hingga menjadi tren, terutama dalam hal fashion. Hingga saat ini TikTok masih berperan besar dalam memacu tren estetika-estetika baru. Mulai dari cottagecore, dark academia, dan yang baru-baru saja trending adalah gaya estetika coquette.

Istilah 'coquette' sebenarnya memiliki arti 'seorang wanita genit' sehingga tidak heran jika gaya estetika ini tampilannya mengacu pada feminitas. Mulai dari blus renda yang dipasangkan dengan rok mini merah muda hingga sepatu hak chunky dan stoking rajutan. Rangkaian mutiara dan aksesori emas juga sering dipakai, serta segala sesuatu yang berbentuk hati dan frills. Gaya estetika ini akan cocok untuk Anda yang suka berpenampilan feminin.

Terinspirasi dari gaya estetika lain, seperti balletcore dan royalcore, coquette adalah tentang memanjakan diri dalam kesenangan yang sangat sederhana dari kecantikan dan pakaian kita. Bukan hanya itu, coquette juga dianggap sebagai terobosan baru dari tren-tren kekinian yang cenderung menampilkan palet warna pakaian yang lebih gelap, seperti dark academia dan grunge. Coquette berhasil membawa warna-warna ‘girly’ seperti pink pastel menjadi kekinian, tidak kalah dengan warna-warna gelap dan earth tone.

Meskipun gaya ini unik dan lucu, sebenarnya sulit untuk mengabaikan kesamaan antara coquette dan estetika 'lolita' atau 'nymphet' yang bermasalah sebab dianggap sebagai bentuk seksualisasi kepolosan. Namun, perbedaan penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa para pengguna TikTok tampaknya sepenuhnya menafsirkan ulang estetika coquette. Mereka menekankan bahwa mereka tidak berpakaian untuk tatapan laki-laki, melainkan merebut kembali, memiliki, serta merayakan feminitas mereka sendiri.

Pada akhirnya, gaya estetika coquette bukan hanya sekadar tren, tetapi juga menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Hampir terasa seperti Anda mengirim surat cinta kepada diri sendiri setiap hari.