Share
Kembalikan Kilau Rambut Anda dengan Masker Rambut Alami Berikut Ini
Clara Enocensia
03 February 2022

Rambut memiliki peran penting dalam menunjang penampilan, berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker perawatan rambut terutama bagi Anda yang memiliki rambut kering.


Bagi Anda yang mengalami masalah rambut kering dan mengembang, seringkali kesulitan untuk merapikan rambut, sehingga membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Anda dapat melakukan perawatan mudah dengan membuat masker rambut dengan bahan-bahan alami.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker rambut yang berkhasiat untuk melembabkan, melembutkan, dan memperbaiki rambut yang rusak.

1. Pisang + Minyak Zaitun

Kedua bahan alami ini sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Perpaduan pisang dan minyak zaitun dapat memperbaiki rambut kering yang rusak serta menguatkan akar rambut. Pisang kaya akan vitamin dan mineral seperti potasium yang dapat menguatkan dan melembutkan rambut.

Sedangkan minyak zaitun mengandung lemak baik dan vitamin E yang dapat membuat rambut mengkilap dan rapih. Aplikasikan masker rambut ini ke rambut dan kulit kepala selama 10-15 menit sebelum keramas.

2. Minyak Kelapa + Alpukat

Campurkan daging buah alpukat dan minyak kelapa dalam satu wadah, kemudian haluskan. Aplikasikan masker rambut buatan Anda ini dari ujung rambut hingga kulit kepala, 1 jam sebelum keramas.

Dua bahan alami ini efektif dalam melembabkan dan menjaga kilau alami dari rambut Anda. Minyak kelapa adalah minyak yang paling mudah menyerap, sehingga dapat mencegah rambut kering, sedangkan alpukat mengandung mineral dan vitamin yang dapat menutrisi rambut Anda.

3. Lemon + Putih Telur

Kondisi rambut yang kering dan dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan timbulnya ketombe. Bagi Anda yang mengalaminya, gunakanlah masker rambut dari campuran putih telur dan sari jeruk lemon. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda, diamkan satu jam kemudian bilas hingga bersih menggunakan shampoo.

Lemon mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Sedangkan putih telur kaya akan kandungan protein dan vitamin yang dapat membantu memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala yang kering serta membersihkan ketombe.