Kembali Ke Kantor, Berikut 5 Inspirasi Bekal Makan Siang Sehat dan Hemat

Wine & Dine07 January 2021

By Adelia Ayu

Kembali Ke Kantor, Berikut 5 Inspirasi Bekal Makan Siang Sehat dan Hemat

Kembali menjalani aktivitas di tempat kerja di awal tahun, berikut 5 inspirasi bekal makan siang sehat dan hemat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan stamina Anda usai letih menjalani liburan panjang.


Liburan panjang telah usai dan saatnya kembali menjalankan aktivitas di tempat Anda bekerja. Dengan beragam kegiatan yang siap menanti, ada baiknya Anda memperbaiki imunitas tubuh yang lelah pasca liburan dengan makanan bergizi dan mengenyangkan. Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung, lebih baik jika kita dapat mengontrol setiap makanan yang masuk di tubuh kita – baik dari segi gizi dan sanitasi.

Menyiapakan dan membawa bekal sendiri, atau yang populer disebut dengan ‘meal prep’, dapat membantu menjaga kesehatan dan suplai gizi di dalam tubuh. Selain menjaga kesehatan, membawa bekal makan siang sendiri juga dapat mengurangi pengeluaran dan membuat waktu kerja lebih efektif. Dengan bahan-bahan bergizi dan penyajian yang simpel, berikut 5 inspirasi bekal makan siang yang sehat dan mengenyangkan.

Broccoli Quinoa Bowls

Mengutip resep andalan dari situs loveandlemons.com, bekal makan siang satu ini rendah kalori dan sarat akan gizi. Selain tinggi akan protein, quinoa juga mengandung antioksidan alami bernama flavonoid yang mencegah penuaan dini. Dengan tambahan brokoli yang kaya akan kalsium dan perasan air lemon yang mengandung vitamin C, bekal yang ramah bagi kaum vegetarian dan vegan ini merupakan paket makanan lengkap gizi dan manfaat.

Pesto Chicken & Veggies

Bagi Anda penggemar makanan berbahan daging, daging ayam fillet dapat dijadikan pilihan utama untuk bekal makan siang Anda. Memiliki kandungan lemak yang rendah, daging ini sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang berdiet. Dengan bumbu pesto yang segar dan bertekstur creamy, daging ayam akan terasa lebih gurih dan berbumbu. Untuk melengkapi kebutuhan mineral dan gizi, tambahkan beberapa butir tomat ceri dan buncis sebelum Anda memanggang hidangan ini.

Pan-Seared Salmon with Rice

Untuk Anda yang tidak bisa lepas dari nasi, menu satu ini tampaknya sangat cocok untuk bekal makan siang. Mengutip resep dari situs asweetpeachef.com, pan-seared salmon with rice yang terdiri dari ikan salmon yang dimarinasi dengan gula aren dan dipanggang dengan minyak zaitun ini mengandung kandungan Omega 3 dan Vitamin B12 yang berguna untuk kesehatan saraf dan daya ingat. Tambahkan sayuran hijau dan brown rice untuk membuat hidangan ini rendah karbohidrat dan kaya serat.

Burrito Bowls

Burrito yang biasa disajikan dengan wrap dapat dimodifikasi penyajiannya dalam bentuk bowls untuk mengurangi kalori dan karbohidrat. Sesuai dengan resep dari Buzzfeed Tasty, bekal makan siang satu ini terdiri dari isian burrito seperti nasi, daging ayam atau udang yang ditumis dan dilengkapi dengan irisan paprika, butiran jagung dan kacang hitam. Kaya akan kacang-kacangan yang mengandung zat besi dan serat, hidangan ini dapat memperkuat tulang dan menjaga kelancaran sistem pencernaan.

Cucumber Sandwich

Hanya berbahan dasar lembaran roti tawar dengan isian ketimun dan mayones, bekal makan siang ini sesuai untuk Anda yang super sibuk. Agar tidak terasa hambar, variasikan isian dengan cincangan daun mint dan ketumbar untuk memberi rasa segar dan spicy seperti tertera di situs kitchenathoskins.com. Ketimun dikenal kaya akan kandungan antioksidan dan air yang baik untuk kekenyalan kulit. Lengkapi bekal ini dengan irisan buah dan beberapa butir tomat untuk memperkaya gizi dan mempercantik tampilan.