Share
Keindahan Alam dan Komitmen untuk Konservasi Terumbu Karang Persembahan AYANA Komodo Waecicu Beach
Listya Manopo
04 May 2023

Terletak di salah satu tujuan wisata paling bergengsi di Indonesia, dan berada di atas tebing yang menghadap ke pemandangan laut yang indah, AYANA Komodo Waecicu Beach adalah resor kelas dunia di tepi pantai yang tenang yang memadukan layanan kelas dunia dengan keramahtamahan khas Indonesia.


AYANA Komodo Waecicu Beach terletak di Labuan Bajo, sebuah kota pesisir di ujung barat Pulau Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur dan merupakan surga dengan keindahan yang mengagumkan, mulai dari laut berwarna biru kehijauan yang berkilauan dan pantai berpasir putih hingga perbukitan hijau. Labuan Bajo adalah kota terdekat dari Taman Nasional Komodo, salah satu kawasan paling berharga di negara ini, di mana keajaiban alam bertemu dengan flora dan fauna asli, khususnya hewan komodo yang habitatnya terdapat di pulau-pulau dalam Taman Nasional Komodo.

HighEnd adalah salah satu media yang beruntung diundang menikmati menginap di AYANA Komodo Waecicu Beach, di mana resor ini memperkenalkan program AYANA Cares, dan juga mengunjungi Taman Nasional Komodo. Sebagai perusahaan Indonesia, AYANA selalu berusaha untuk peka terhadap alam sekitar. Langkah-langkah hijau telah dilakukan seperti upaya revitalisasi dan konservasi keanekaragaman hayati laut di kawasan tersebut, dalam hal ini melalui kegiatan penanaman karang sebagai program sosialnya. AYANA juga mengundang sekelompok anak sekolah setempat untuk mengikuti lokakarya pendidikan kelautan oleh Ahli Biologi Kelautan dari AYANA Komodo Waecicu Beach, Lee Miles, yang juga bertanggung jawab atas AYANA Marine Discover Center.

Tujuan utama dari AYANA Marine Discover Center adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang mempengaruhi lautan dan terumbu karang dan mendorong para tamu untuk berpartisipasi aktif dalam program konservasi karang. “Di AYANA Komodo Waecicu Beach, kami percaya bahwa setiap orang dapat berperan dalam membantu melindungi lingkungan," ungkap Lee Miles. "Resor kami adalah pusat pendidikan dan konservasi, di mana para tamu dapat belajar tentang pentingnya terumbu karang dan berpartisipasi dalam program konservasi karang kami. Harapan kami adalah menginspirasi generasi baru untuk melestarikan laut.”

Sampai saat ini, program penanaman karang AYANA telah mencakup area seluas 950 meter persegi dan mencakup 250 bingkai karang dengan lebih dari 2.500 karang yang ditanam. Selain itu, pembibitan talinya memiliki 160 tali yang berisi lebih dari 1.600 fragmen karang yang sedang dalam proses untuk tumbuh menjadi koloni baru. Komitmen AYANA terhadap konservasi dan restorasi terumbu karang telah menghasilkan ekosistem laut yang berkembang dan sehat, menyediakan rumah bagi banyak spesies ikan dan kehidupan laut lainnya.

Menghabiskan waktu berkualitas di resor ini sekaligus berkontribusi dalam melestarikan dan menyelamatkan kekayaan alam keanekaragaman hayati laut adalah sebagian dari banyak hal yang ditawarkan oleh AYANA Komodo Waecicu Beach, hotel mewah yang dengan suksesnya memberikan keindahan, kehangatan dan kenyamanan khas Labuan Bajo bagi para pengunjungnya.