Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kehilangan Motivasi Kerja Pasca Libur Panjang, Kenali Gejala Post-Holiday Blues dan Cara Atasinya

Wellness20 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Kehilangan Motivasi Kerja Pasca Libur Panjang, Kenali Gejala Post-Holiday Blues dan Cara Atasinya

Post-holiday blues merupakan kondisi dimana diri kehilangan motivasi untuk kembali bekerja dan menjalankan aktivitas sehari-hari pasca liburan.


Libur panjang memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Momen-momen tersebut biasanya dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat, atau bahkan hanya sekadar beristirahat di rumah. Selama libur panjang, Anda tentu terbebas dari segala hiruk-pikuk pekerjaan yang membuat pusing kepala. Namun jangan sampai lupa, Anda masih harus kembali beraktivitas setelah libur panjang usai.

Hari pertama kerja pasca libur panjang tentu menjadi hal yang menyebalkan. Sebab pada hari pertama itu Anda harus mengumpulkan sisa-sisa tenaga dan meninggalkan bayang-bayang liburan yang masih menghantui hari-hari Anda. Perasaan tidak siap tersebut tidak jarang menimbulkan rasa stres, depresi, cemas, sedih, bahkan tertekan. Hal tersebut bisa disebut dengan post-holiday blues.

Dilansir dari Very Well Mind, beberapa gejala yang menandakan bahwa seseorang mengalami post-holiday blues yakni seperti: cemas, kehilangan motivasi; suasana hati buruk, mudah tersinggung, stres, depresi, insomnia, khawatir berlebih soal keuangan. Post-Holiday Blues merupakan kondisi yang dapat terjadi dan dialami siapapun, lantas apa yang dapat dilakukan untuk menghindari post-holiday blues? Simak beberapa cara berikut.

Istirahat yang Cukup

Liburan tentu membuat tenaga Anda terkuras habis meski tanpa disadari. Pasca liburan Anda membutuhkan istirahat yang cukup agar lebih siap untuk bekerja dan menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dan asupan bergizi lainnya akan membantu menghindari stres dan membuat Anda lebih bersemangat untuk kembali menjalani hari.

Olahraga

Olahraga tentu tetap menjadi salah satu aktivitas penting dan tidak boleh Anda lewatkan dalam keadaan apapun, termasuk pasca berlibur. Cobalah untuk berolahraga ringan secara rutin dan teratur atau sekadar bersepeda dan berlari-lari kecil di sekitar rumah untuk menghirup udara segar dan me-refresh kembali pikiran Anda.

Membuat To Do List

Anda bisa membuat list kegiatan-kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan pasca liburan berakhir. List-list tersebut akan membantu Anda untuk tetap produkif dan termotivasi untuk kembali beraktivitas.