Share
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kulit Anda, Segera Hentikan
Clara Enocensia
11 December 2021

Demi memperoleh kulit yang sehat dan bersinar, kenalilah beberapa kebiasaan yang bisa menjadi pemicu kerusakan kulit berikut ini.


Memiliki kulit bersih dan sehat tentu merupakan dambaan setiap orang. Selain bisa menunjang penampilan, kepercayaan diri kita pun akan meningkat. Tak heran jika banyak orang rela melakukan berbagai perawatan meski biayanya tak sedikit. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan yang merusak kulit justru dilakukan sehari-hari. Bahkan kebiasaan tersebut sudah menjadi rutinitas yang sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari.

1. Minum kopi di pagi hari

Sebagian orang memacu tubuh mereka dengan kopi di pagi hari. Sayangnya, kopi tergolong sebagai diuretik kuat yang bisa menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh kehilangan cairan sehingga kulit cenderung kering dan kasar. Dehidrasi juga dikhawatirkan membuat tubuh kesulitan mengeluarkan racun. Di dalam tubuh, racun bisa memicu kerusakan sel sehingga banyak sel fungsional yang mati. Jika ini menimpa sel kulit, proses penuaan dini berisiko terjadi.

2. Terlalu sering menggunakan scrub

Anda perlu melakukan scrub atau eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, perawatan ini bisa menjadi penyebab kulit rusak jika dilakukan terlalu sering.

Eksfoliasi wajah hanya boleh dilakukan maksimal seminggu sekali, menggunakan scrub mikrodermabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan harus lebih kecil, sehingga terasa lebih lembut di kulit. Ingatlah untuk tidak men-scrub wajah saat kulit Anda berjerawat. Pasalnya, scrubbing dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.

3. Mandi air hangat terlalu lama

Mandi menggunakan air hangat memang terasa menyegarkan. Namun, air hangat berpotensi merusak skin barrier Anda. Sebab air hangat bisa menghilangkan sebum atau minyak pada permukaan kulit, sehingga kulit menjadi dehidrasi.

Lebih lanjut, mandi air hangat sangat tidak dianjurkan bagi penderita eksem, psoriasis, dan orang-orang dengan tipe kulit kering dan berjerawat. Sebab, air hangat akan memperburuk permasalahan kulit yang sudah ada.