Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga? Ini Jawaban Para Ahli!

Wellness13 September 2021

By Rambu Moara

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga? Ini Jawaban Para Ahli!

Menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga dapat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika Anda memiliki rutinitas yang padat. Agar mendapatkan hasil optimal tanpa mengganggu jadwal Anda, berikut kata para ahli tentang waktu terbaik untuk berolahraga.


Berolahraga di sela-sela kesibukan adalah hal penting, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain untuk menjaga tubuh dari sakit-penyakit, manfaat berolahraga juga untuk memperkuat fisik dan mental Anda. Namun terkadang kegiatan berolahraga menjadi terhambat bila Anda memiliki jadwal pekerjaan yang sering berubah-ubah. Untuk itu, penting bagi Anda menemukan waktu yang tepat agar bisa berolahraga.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa berolahraga kapanpun sebenarnya tidak menjadi masalah, karena setiap waktu memiliki manfaat tersendiri pada tubuh. Kali ini, HighEnd akan menjabarkan waktu olahraga dan manfaat yang didapatkan dalam tiga bagian waktu, yaitu pagi hari, sore hari, dan malam hari.

Berolahraga di Pagi Hari

Berolahraga di pagi hari sangat baik untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan mood Anda, karena otak akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda bahagia. Selain membuat tubuh lebih bugar karena udara yang sejuk, olahraga pagi membantu Anda semakin produktif untuk menjalani hari.

Namun akan lebih membakar kalori jika Anda berolahraga di pagi hari dengan perut kosong. Anda bisa mengganti energi yang terlepas dengan makan makanan dengan rendah lemak dan bergizi pada 30 menit sehabis berolahraga.

Berolahraga di Sore Hari

Jam 3-5 sore adalah waktu yang tepat untuk berolahraga sore. Dengan sinar matahari yang hangat, dapat membantu Anda untuk membakar lemak dan gula yang Anda konsumsi di siang hari. Selain itu, olahraga pada sore hari bisa membuat otot menjadi lebih kuat.

Berolahraga di Malam Hari

Jika sering menonton drama Korea, Anda pasti tidak kaget lagi bahwa banyak orang Korea yang berolahraga di malam hari, seperti jam 7-9 malam. Olahraga di waktu ini akan membantu Anda lebih rileks saat tidur malam. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak melakukan olahraga berat pada malam hari agar tubuh tidak menjadi lelah saat bangun besoknya, meski sudah beristirahat.