Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kandungan Skincare Berikut Tidak Boleh Digunakan Bersamaan dengan Vitamin C

Beauty14 November 2021

By Clara Enocensia

Kandungan Skincare Berikut Tidak Boleh Digunakan Bersamaan dengan Vitamin C

Kenali kandungan yang terdapat di dalam skincare Anda untuk dapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah kandungan skincare yang tidak dapat digunakan bersamaan dengan vitamin C.


Sebelum memutuskan untuk membeli produk skincare, ada baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada didalamnya. Salah satu kandungan skincare seperti vitamin C, tidak dapat digunakan bersamaan dengan kandungan-kandungan tertentu.

Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan senyawa yang dapat membuat kulit menjadi halus dan glowing, namun bila penggunaannya digabungkan dengan senyawa tertentu justru mengakibatkan masalah baru pada kulit Anda. Mari simak ulasan berikut.

1. AHA/BHA

Alpha hydroxy acids (AHA) dan Beta hydroxy acids (BHA) adalah kandungan skincare yang bisa mengelupas atau mengeksfoliasi. AHA dapat membantu memperbarui kulit, sedangkan BHA mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan sebum berlebihan. AHA/BHA tidak dapat digunakan bersamaan dengan vitamin C sebab dapat memicu iritasi pada kulit. Namun Anda dapat menggunakan vitamin C di pagi hari, sedangkan AHA/BHA bekerja lebih baik di malam hari.

2. Pembersih Wajah

Produk perawatan yang mengandung vitamin C digunakan pada pagi hari. Vitamin C disebut juga dengan asam askorbat yang dapatr memberikan hasil yang maksimal ketika digunakan bersama dengan pH yang rendah.

Apabila vitamin C digunakan bersama pembersih wajah yang memiliki pH tinggi, kemampuan kulit menyerap vitamin ini akan berkurang. Reaksi ini ternyata bisa menimbulkan masalah bagi kulit karena kehilangan perlindungan terhadap radikal bebas.

3. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida sering ditemukan dalam produk skincare untuk pengobatan jerawat, bahan ini dapat membersihkan bakteri penyebab jerawat serta mencegah kulit kering dan kasar. Sedangkan vitamin C memberikan efek yang berlawanan dengan benzoil peroksida, sehingga Anda tidak dapat menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan serta dapat mengakibatkan iritasi.