Kandungan Skin Care dan Make Up yang Sebaiknya Hindari Pemilik Kulit Berminyak
Clara Enocensia
25 May 2022

Merawat kulit berminyak memang membutuhkan strategi khusus, ada berbagai bahan dalam produk perawatan kulit yang sebaiknya dihindari bila memiliki kulit berminyak.


Menemukan rutinitas perawatan kulit yang tepat memang cukup menantang, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Seperti yang kita ketahui, kulit berminyak rentan mengalami infeksi dan jerawat. Sebelum menggunakan suatu produk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan apa yang harus dihindari pemilik kulit berminyak.

1. Alkohol

Produk skincare berbasis alkohol, seperti toner memang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit, namun bila digunakan secara berlebihan, justru bisa mengiritasi kulit. Sebab kulit yang terlalu kering bisa mengganggu penghalang kulit dan menyebabkan peradangan.

2. Pewarna buatan

Semua orang menyukai semburat warna tetapi kosmetik seperti lipstik dan blush on mengandung pewarna buatan yang terbuat dari petroleum dan coal tar.

Meskipun terlihat baik pada sebagian orang, namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak menjadi rentan berjerawat. Sebagai gantinya, cobalah produk kecantikan yang terbuat dari warna alami dan organik.

3. Minyak alami

Penggunaan minyak alami tidak memberikan hasil yang baik di semua jenis kulit, sebab ada beberapa diantara natural oil yang dapat menyumbat pori-pori. Terutama minyak yang memiliki kandungan oleat yang tinggi, seperti minyak kelapa, camellia, dan kemiri. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak lebih aman bila menggunakan natural oil dengan kandungan linoleat yang tinggi, seperti rosehip oil dan primrose oil.

4. Silikon

Silikon banyak digunakan pada produk-produk makeup seperti bedak atau foundation. Sayangnya, produk yang mengandung silikon hanya mempercantik riasan Anda saja. Sebaliknya, silikon bisa menutup dan menyumbat pori-pori di wajah Anda.