Share
Kacang-Kacangan Berikut Jadi Sumber Protein Nabati Alternatif untuk Vegan
Clara Enocensia
30 September 2021

Beberapa jenis kacang-kacangan berikut ini, kaya akan protein dan omega-3 yang dapat menggantikan kebutuhan asupan nutrisi yang berasal dari hewan, khususnya bagi orang-orang vegan atau vegetarian.


Belakangan ini, banyak dari kita yang menerapkan gaya hidup vegetarian, bahkan banyak yang telah memutuskan untuk sepenuhnya menjadi vegan. Gaya hidup ini menghindari konsumsi produk hasil eksploitasi hewan, mulai dari makanan, kosmetik, hingga barang yang digunakan sehari-hari.

Untuk melengkapi asupan nutrisi, para praktisi vegan tetap perlu untuk melengkapi kebutuhan protein dan omega-3, dimana kandungan tersebut biasanya ditemukan pada produk hewani. Mereka dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein nabati sebagai penggantinya. Berikut adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung protein nabati dan omega 3.

1. Edamame

Jenis kacang yang sering ditemukan dalam sajian khas Jepang ini, memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta dapat dijadikan alternatif sumber omega-3. Diketahui bahwa 65 gram edamame mengandung 0,28 gram omega-3 Tak hanya itu, edamame juga mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi.

2. Chia Seed

Chia seed adalah jenis biji-bijian yang mengandung omega-3 dan antioksidan yang tinggi, kedua hal ini baik untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Chia seed dapat dijadikan sebagai bahan utama puding, energi bar, taburan yogurt, dan tambahan minuman segar.

3. Kacang Merah

Kacang merah terkenal akan seratnya yang mampu menjaga kesehatan usus serta mengurangi resiko kanker kolorektal. Selain itu, kandungan zat besi dan folat di dalamnya menjadikan kacang merah sebagai makanan alternatif yang baik bagi ibu hamil, terutama di trimester pertama. Mengonsumsi seporsi kacang merah dapat memenuhi 10 persen kebutuhan omega-3 tubuh.