Share
John Galliano Ciptakan Spring/Summer 2024 Show yang Artistik dan Sensasional untuk Maison Margiela
Putrika Annaya Salsabila
29 January 2024

Menjadi perbincangan hangat di media sosial, John Galliano hadirkan pertunjukan Maison Margiela Spring/Summer 2024 yang spektakuler.


Istilah "fashion show" mendapatkan makna baru ketika dibawakan oleh otak brilian John Galliano.

Pertunjukan artisanal untuk koleksi Maison Margiela Spring/Summer 2024 baru-baru ini tidak kurang dari spektakel besar, sebuah bukti dari kemampuan tak tertandingi Galliano untuk menggabungkan narasi, kerajinan, dan kreativitas menjadi pengalaman fashion yang tak terlupakan.

Maison Margiela SS24 2

Berlatarkan Pont Alexandre III di Paris, Galliano membawa nuansa dive bar tahun 1920-an, lengkap dengan kursi bentwood yang reyot, koktail rasa violet, dan cermin berlapis merkuri. Diterangi oleh cahaya bulan purnama pertama tahun itu, setting menjadi bagian integral dari narasi yang ingin disampaikan Galliano.

Maison Margiela SS24 3

Para model, atau seperti yang Galliano sebut "muses”, dihiasi dengan prostesis, korset, dan seni tata rias luar biasa dari Dame Pat McGrath. Gerakan kaku mereka, mengingatkan pada marionet bersendi, disusun secara hati-hati untuk membangkitkan suasana surreal yang membawa penonton kembali ke masa ketika fashion itu sendiri adalah keajaiban.

Maison Margiela SS24 1

Koleksi itu sendiri adalah bukti kejeniusan Galliano. Tubuh yang tidak masuk akal, kain yang seperti kulit, dan rangkaian teknik serta eksperimen memamerkan puncak dari seni haute couture. Pakaian-pakaian yang dipamerkan, terinspirasi oleh seniman Fauvist Kees van Dongen, menampilkan pinggang yang ditarik hingga sangat ramping, siluet cocotte yang dibulatkan, dan menggemakan kisah masa lalu dari karier cemerlang Galliano.

Maison Margiela SS24 4

Setiap potongan, 12 bulan dalam pemikiran dan sembilan bulan dalam pembuatan, menunjukkan perpaduan teknik lama dan tinggi. Teknik silikon yang membuat kain terlihat seperti basah, tweed yang diolah dengan lem dan crêpe, hingga gaun renda yang menggunakan teknik decoupage, menunjukkan betapa luar biasanya koleksi ini.

Pertunjukan Artisanal Maison Margiela Spring/Summer 2024 oleh Galliano adalah perayaan terus relevannya haute couture dan kekuatan uniknya. Saat akhir pertunjukan, penonton bersorak, seolah memohon untuk melihat lebih. Ini bukan hanya pertunjukan mode; ini adalah pengalaman transformatif.