Share
Jenis-Jenis Mie Khas Thailand yang Paling Digemari Masyarakat Indonesia
Clara Enocensia
12 February 2022

Negeri Gajah Putih ini punya ragam mie enak lainnya yang berbumbu rempah tradisional yang sedap.


Dekat dengan Indonesia, Thailand jadi destinasi liburan yang cukup sering dikunjungi oleh orang Indonesia. Tak heran banyak restoran hingga tempat makan khas Thailand yang bisa ditemui di Indonesia.

Kelezatan makanan khas Thailand juga sudah begitu tersohor di dunia dan terkenal dengan berbagai olahan mi. Olahan mi yang berasal dari negara ini memiliki cita rasa asam, manis, serta gurih. Berikut lima olahan mi asal Thailand yang wajib Anda coba saat berkunjung.

1. Pad thai

Pad thai merupakan salah satu olahan mi asal Thailand yang sangat populer hingga ke beberapa negara. Masakan yang terdiri dari bihun, tahu, udang kering, tauge, daging dan telur ini memiliki rasanya yang sangat unik.

Pada umumnya, pad thai disajikan dengan cabai merah, cuka putih, gula, irisan jeruk nipis, dan saus ikan di sampingnya.

2. Kao Soi

Mirip seperti mie kari, hidangan Kao Soi ini berasal dari utara Thailand. Cukup populer karena kuah dasarnya bukan berasal dari kaldu, melainkan dari santan. Agar rasanya gurih dicampur dengan kaldu dari daging sapi atau ayam.

Kemudian ditambahkan pasta kari merah khas Thailand. Kao Soi disajikan dengan mie kering yang kemudian dipotong-potong menyerupai stik. Tambahan daun ketumbar hingga irisan daging membuat rasa mie krispi ini jadi lembut dan menyerap ke kuah kaldu santan yang kental.

3. Kuaitiao ruea

Hidangan ini bisa dibuat dengan berbagai jenis mi. Mi tersebut akan direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan kaldu sapi yang gurih. Pada penyajiannya, kuaitiao ruea biasanya diberi topping berupa daging sapi atau babi, bakso, tauge, dan bunga morning glory.

4. Yen ta Fo

Mie beras yang disiram dengan aneka kuah kental dari kaldu, dengan isian daging babi atau ayam. Ditambahkan dengan topping lainnya seperti cumi, udang, bakso ikan dan otak-otak juga sering digunakan.

Yen ta Fo ini bisa ditemukan di kedai makanan kaki lima, atau restoran klasik di Thailand yang masih menyajikan hidangan tempo dulu. Porsi hidangan mie ini cukup besar dan mengenyangkan, sehingga sering dijadikan menu utama.