Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Jenis-Jenis Mie Khas Jepang yang Paling DIgemari Masyarakat Indonesia

Wine & Dine14 November 2021

By Clara Enocensia

Jenis-Jenis Mie Khas Jepang yang Paling DIgemari Masyarakat Indonesia

Tak hanya terkenal di negara asalnya, mie khas Jepang berikut ini juga digemari oleh masyarakat Indonesia.


Jepang terkenal dengan hidangannya yang bernama ramen. Tidak diragukan lagi ketenaran ramen sudah begitu terkenal di seluruh penjuru dunia. Tetapi, ternyata ada banyak sekali jenis mie khas Jepang, tidak hanya ramen saja. Masih ada beberapa jenis mie khas Jepang, yang tak kalah enak dan unik. Di Indonesia juga sudah banyak restoran khas Jepang yang menawarkan varian jenis mie.

1. Ramen

Ramen merupakan jenis mie yang memiliki tekstur yang kenyal. Bisa disajikan dengan kuah panas, kuah dingin maupun digoreng, setiap daerah di Jepang memiliki menu ramen khas masing-masing. Biasnya perbedaan ini terletak pada jenis kuah dan topping yang dipakainya. Bahkan banyak juga kedai ramen yang membuat menu tambahan seperti level pedas yang beragam agar pelanggan bisa memilih sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan.

2. Yaki-Udon

Yaki-udon merupakan mi udon kenyal yang digoreng dengan beberapa bahan pilihan dan disiram dengan saus berbahan dasar kedelai. Makanan ini dapat diperkaya dengan beberapa bahan seperti irisan sayuran, daging, atau makanan laut. Semua bahan lalu digoreng sebentar dan dicampur dengan mi udon yang kental. Selanjutnya disiram dengan saus yang beraroma.

3. Yakisoba

Yakisoba adalah pilihan yang tepat bagi Anda pecinta mie goreng. Mi ini umumnya dikombinasikan dengan beragam jenis daging dan sayuran. Bahan-bahan yang paling umum digunakan adalah daging, kubis, bawang, dan wortel. Varian mi yang paling sering digunakan dalam hidangan yakiisoba adalah mi ramen yang terbuat dari tepung terigu atau mi soba yang dibuat dengan soba.