Share
Jelang Comeback, (G)I-DLE Rilis Musik Video untuk Single Pra-rilis ‘Allergy’
Trisha Aulia
11 May 2023

(G)I-DLE resmi merilis video musik untuk single pra-rilis bertajuk ‘Allergy’. Mengangkat isu sosial dengan dibalut konsep Y2K, lagu ini bukan hanya sekadar lagu biasa.


Pada Rabu (10/5), (G)I-DLE meluncurkan lagu pra-rilis terbaru mereka yang berjudul “Allergy” bersamaan dengan video musik yang menampilkan konsep yang luar biasa trendi, kreatif, dan unik. Lagu “Allergy” merupakan single pembuka dari rangkaian comeback (G)I-DLE yang akan dimulai pada 15 Mei mendatang, bertepatan dengan perilisan album baru mereka, “I FEEL”.

Terinspirasi oleh konsep Y2K yang belakangan menjadi tren, lagu dan video musik “Allergy” mengusung banyak nuansa tahun 2000-an. Mulai dari lagu yang bergenre pop dengan beat energik dan ritmis yang membuat Anda bernostalgia ke soundtrack film 2000-an, hingga para member (G)I-DLE yang tampil mengenakan outfit warna-warni ala Y2K, karya terbaru (G)I-DLE yang satu ini sangat menarik di mata dan telinga.

Di samping keindahan audio dan visual, “Allergy” mengangkat isu yang cukup mengkhawatirkan dalam masyarakat kini. Lewat lagu ini, (G)I-DLE bercerita tentang standar kecantikan yang tidak realistis di media sosial dan bagaimana orang berusaha dengan segala cara untuk menyesuaikan diri dan memenuhi standar tersebut. (G)I-DLE juga menunjukkan bagaimana standar kecantikan memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan mental para gadis zaman sekarang.

Judul lagu “Allergy” mengacu kepada bagaimana (G)I-DLE ingin mencintai diri mereka sendiri tetapi merasa “alergi” terhadap penampilan mereka di cermin yang selalu menyebabkan rasa tidak percaya diri. Reff lagu yang berbunyi “Why ain’t I pretty? Why ain’t I lovely? Why ain’t I sexy? Why am I me?” dan “She’s so pretty, yeah so lovely. She got everything, why am I not her?” juga mencerminkan realita saat ini di mana kebanyakan perempuan merasa tidak percaya diri akibat ketidaksempurnaannya dan karena mereka sering membandingkan diri dengan orang lain yang terlihat lebih cantik.

Dalam video musik ini, Soyeon berperan sebagai karakter utama yang minder dan sangat mengagumi gadis-gadis cantik di feed Instagram-nya. Sepanjang video, Soyeon menghabiskan waktunya berbelanja pakaian cantik, berolahraga, dan bahkan berencana melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya agar tampak sesempurna gadis-gadis yang dikaguminya. Jelas bahwa Soyeon terhalang untuk menikmati hidup karena obsesinya itu.

Di lain sisi, (G)I-DLE juga mengajak penonton untuk melihat isu ini dari perspektif lain dengan Yuqi, Shuhua, Miyeon, dan Minnie yang memainkan karakter “gadis cantik” seperti yang dikagumi Soyeon. Meski Soyeon memandang mereka sebagai perempuan sempurna hingga bahkan ingin mengubah dirinya demi meniru mereka, nyatanya kehidupan gadis-gadis ini jauh dari kata sempurna. Di balik segala glamor yang terpampang pada media sosial mereka, masing-masing gadis ini mengalami masalah serupa, seperti komentar kebencian yang membuat mereka tidak percaya diri.

(G)I-DLE memang patut dikagumi karena selain membawakan pesan yang kuat dan isu penting lewat “Allergy”, para member juga diketahui ikut serta dalam pembuatan lagu ini. Single pra-rilis ini tentunya membangkitkan rasa tidak sabar untuk menyaksikan karya hebat lain (G)I-DLE dalam album baru mereka yang akan segera dirilis.