Share
Jelang Bulan Ramadan, Simak Tips Berikut untuk Persiapkan Fisik saat Berpuasa
Dewi Anggriani Siregar
07 March 2024

Tidak terasa bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu akan segera tiba. Umat muslim di seluruh dunia pun bergembira dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah.


Kurang dari seminggu lagi umat muslim akan menunaikan ibadah puasa. Tidak hanya beribadah, bulan puasa pun menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Dalam menjalankan ibadah puasa, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan mulai dari perlengkapan beribadah, asupan makanan, kualitas tidur, hingga kondisi kesehatan. Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di bulan puasa merupakan salah satu hal yang sangat penting mengingat kita akan menahan lapar dan haus 1 hari penuh selama 1 bulan lamanya. Berikut adalah beberapa hal penting yang wajib Anda persiapkan untuk memasuki bulan suci Ramadan.

RAMADAN

Tidur yang Cukup

Ketika puasa, kita diharuskan menjalankan segala aktivitas seperti sahur dan berbuka puasa. Kegiatan-kegiatan ini tentu akan menyita waktu istirahat dan tidur kita. Sebelum memasuki bulan puasa, ada baiknya jika Anda mulai memperbaiki pola tidur Anda dan tidur yang cukup.

Olahraga Ringan

Mulailah untuk melakukan olahraga ringan agar kondisi tubuh Anda di bulan puasa nanti semakin prima dan Anda siap untuk menjalani puasa selama 11 bulan penuh.

Perhatikan Asupan Harian

Memasuki bulan Ramadan, Anda perlu memerhatikan asupan harian yang masuk ke tubuh Anda. Khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat masalah penyakit lambung, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan pedas dan berkafein.

Konsumsi Air Putih

Saat berpuasa, Anda tentu akan kehilangan banyak cairan. Untuk itu, ada baiknya Anda meningkatkan asupan cairan untuk membantu menjaga agar metabolisme tetap lancar dan tubuh terhidrasi dengan baik.