Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Jauhkan Diri dari Paparan Sinar UV, Pastikan Pilih Tabir Surya yang Tepat

Beauty07 December 2020

By Listya Manopo

Jauhkan Diri dari Paparan Sinar UV, Pastikan Pilih Tabir Surya yang Tepat

Tabir surya adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.


Seperti yang kita ketahui apabila seseorang yang terlalu sering terpapar sinar matahari bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Apabila Anda menggunakan tabir surya yang tidak baik, maka Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari tabir surya tersebut.

Tabir surya tersedia dalam berbagai bentuk lotion, krim, salep, gel, semprotan, tisu, dan lip balm. Beberapa kosmetik, seperti pelembab, lipstick, dan alas bedak dianggap produk tabir surya apabila mengandung tabir surya, Untuk mendapatkan tabir surya yang baik tentu saja dengan membaca label, Tabir surya dengan perlindungan spektrum luas (perlindungan terhadap UVA dan UVB) dan sunscreen protection faktor, SPF minimal 30 jauh lebih direkomendasikan.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dari label tersebut:

1. SPF

Arti dari SPF adalah tingkat perlindungan tabir surya yang dapat melindungi terhadap sinar UVB yang merupakan penyebab utama terjadinya pembakaran kulit. Faktor pelindung surya (SPF): Nomor SPF adalah tingkat perlindungan tabir surya menyediakan terhadap sinar UVB, yang merupakan penyebab utama dari sengatan matahari. Sejumlah SPF yang lebih tinggi berarti perlindungan UVB lebih (meskipun tidak mengatakan apapun tentang perlindungan UVA).

Tabir surya dengan SPF yang lebih rendah dari 15 sekarang harus menyertakan peringatan yang menyatakan bahwa produk tersebut telah terbukti hanya untuk membantu mencegah kulit terbakar, namun tidak mencegah terjadinya kanker kulit atau penuaan kulit dini.

BACA JUGA: 5 Khasiat Serta Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

2. Tabir Surya Spektrum Luas

Tabir surya yang memiliki spketrum luas ditunjukkan untuk tabir surya yang mampu melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Beberapa bahan kimia dalam tabir surya yang membantu melindungi terhadap sinar UVA termasuk avobenzone, ecamsule, zinc oksida, dan titanium dioksida.

Hanya tabir surya spektrum luas dengan SPF 15 atau lebih tinggi yang dapat menyatakan bahwa produk tersebut membantu melindungi terhadap risiko terjadinya kanker kulit dan penuaan kulit jika digunakan sesuai petunjuk.

3. Tanggal Kadaluarsa

Periksa tanggal kadaluarsa pada tabir surya untuk memastikan itu masih bahwa produk tersebut masih efektif. Kebanyakan produk tabir surya yang baik dapat bertahan untuk setidaknya 2 sampai 3 tahun, namun saat Anda akan menggunakannya, kocok terlebih dahulu agar tercampur bahan-bahan dari tabir surya untuk dapat melindungi kulit Anda.