Share
Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Rosemary Oil untuk Wajah
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Kaya akan aroma rempah yang khas, rosemary biasa digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Namun tahukah Anda bahwa rosemary memiliki manfaat yang baik tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan.


Rosemary merupakan tanaman asal mediterania yang dan masih termasuk dalam keluarga Mint Lamiaceae dan tumbuhan lainnya seperti oregano, timi, kemangi, serta lavender. Nama rosemary sendiri berasal dari bahasa Latin, 'ros' yang berarti embun dan 'marinus' yang berarti laut. Berikut adalah beberapa manfaat dari rosemary oil untuk kecantikan kulit.

Menghidrasi Kulit

Rosemary memiliki kandungan yang mampu melembapkan kulit dan menjaga agar kulit Anda tetap terhidrasi. Rosemary oil dapat membantu menjaga kelembapan kulit bahkan menjadi pengganti moisturizer.

Mengurangi Produksi Sebum
Selain membantu menghidrasi kulit, rosemary mampu membantu mengontrol produksi sebum. Penggunaan rosemary oil mampu merawat kulit tanpa menimbulkan minyak berlebih.

Samarkan Noda Hitam
Rosemary memiliki anti inflamasi dan pelembap alami dalam rosemary oil yang dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu produksi melanin serta memudarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Atasi Jerawat
Rosemary memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat non-komedogenik pada rosemary juga mampu membantu membersihkan pori-pori secara mendalam.

Atasi Kantung Mata
Manfaat lainnya dari rosemary oil adalah mengurangi kantung mata. Rosemary memiliki sifat diuretik yang mampu meringankan pembengkakan di bawah mata.