‘Japandi’ Sebuah Perpaduan Design yang Minimalis dan Aesthetic
Salsabila Andika Putri
26 July 2022

Dewasa ini semakin banyak perpaduan design yang menghasilkan nuansa estetika dan minimalis. Japandi (Japanese-Scandinavian) design merupakan salah satu contohnya.


Istilah "Japandi" merupakan kombinasi dari kata "Jepang" dan "Scandi," dan mengacu pada perpaduan estetika desain interior Jepang dan Skandinavia. Penggabungan kedua desain ini terbentuk dikarenakan adanya kesamaan apresiasi kedua desain tersebut terhadap alam, aspek minimalis, kesederhanaan, serta fungsionalitas, untuk itu keduanya terlihat saling berkesinambungan.

Terdapat beberapa elemen yang menonjol dari penggabungan kedua desain interior ini. Japandi menggabungkan elemen terbesar dari kedua desain yang sangatlah ikonik. Penggabungan tersebut menghasilkan sesuatu yang harmonis, fleksibel, dan memesona.

Untuk pemilihan warna yang tepat, pilih 5 warna menonjol dari desain Scandinavian. Pilih warna Scandi yang lembut seperti pink pastel, biru, hijau, atau abu-abu, untuk memberikan sentuhan tambahan, anda juga dapat memilih warna aksen yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu yang memberikan kesan kontras.

Desain Jepang dicirikan memiliki aspek sederhana, rustic, dan artistik, yang menyimbolkan anti-konsumerisme dari bangsanya. Desain Jepang cenderung menyukai permukaan yang kosong, perabotan kayu yang terlihat bernoda atau dicat, dan furnitur yang berbentuk melengkung, semuanya disertai dengan fungsi yang jelas dan tetap minimalis.

Orang Jepang dikenal dengan desain perabotnya yang indah. Biasanya mereka memilih bantal, gorden, permadani, dan barang pecah belah yang sudah terlihat kualitasnya. Mirip dengan Jepang, mode Skandinavia-pun jauh lebih sederhana dan menekankan pada aspek kenyamanan dan hygge. Untuk itu jangan lupakan gunakan tekstur yang simpel, dan pola-pola pada perabot akan menambah kesan ceria. Begitulah cara agar ruangan dapat menciptakan kesan yang hangat dan mengundang.

Keberadaan karpet-pun cukup penting. Letakkan karpet di samping tempat tidur, carilah permadani yang cukup besar, nyaman, dan bermotif yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pastikan saat merasakan karpet tersebut setelah bangkit dari tempat tidur, anda akan bersemangat untuk melangkah keluar dan memulai hari.