Jangan Sampai Tunggu Rusak, Berikut Tips Merawat Pendingin Ruangan Agar Tetap Awet

Tech & biz20 September 2021

By Venisa Ruth

Jangan Sampai Tunggu Rusak, Berikut Tips Merawat Pendingin Ruangan Agar Tetap Awet

Penggunaan AC diperlukan untuk membuat ruangan Anda semakin nyaman. Namun, merawat AC agar tetap awet dan dingin bukanlah hal yang mudah dan terkadang menjadi hal yang merepotkan, apalagi sejak masa pandemi kemarin, Anda mungkin merasa khawatir untuk memanggil teknisi datang ke rumah.


Di masa pandemi, seseorang dituntut untuk beradaptasi dan lebih mandiri karena mereka harus membatasi pergerakan dan bertemu dengan orang lain. Begitu pula dengan perawatan barang elektronik di rumah, seperti misalnya pendingin ruangan. Oleh karena itu, kami menyajikan tips mudah untuk membuat AC Anda tetap awet dan dingin.

Karena dengan memiliki pengetahuan mengenai cara merawat pendingin ruangan tersebut, AC Anda akan lebih awet dan juga dapat menghemat konsumsi energi listrik di rumah Anda. Untuk itu, coba ikuti tips ini untuk menjaga AC Anda tetap dingin dan rumah Anda tetap nyaman.

1. Membersihkan Kondensor

Anda pernah membersihkan unit AC dalam ruangan, tetapi lupa membersihkan kondensor yang terdapat di luar ruangan? Bila Anda lupa membersihkannya, kotoran dan debu dapat menyumbat sirip pendingin AC. Akibatnya, AC Anda tidak dapat menyejukkan udara dengan maksimal.
Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan ini karena cara membersihkan kondensor cukup mudah. Cukup gunakan sikat yang lembut atau vakum untuk membersihkan sirip pendingin.

2. Membersihkan Penyaring

Penyaring yang kotor bukan hanya menghambat performa AC Anda, tetapi juga mempengaruhi konsumsi energi listrik dan juga kualitas udara di ruangan Anda. Pastikan Anda membersihkan penyaring setidaknya satu bulan sekali.
Namun, bila rumah Anda berada di lokasi yang banyak debu atau Anda memelihara hewan berbulu, Anda perlu membersihkan penyaring setidaknya satu kali dalam dua minggu.

3. Matikan AC bila tidak diperlukan

Ketika Anda pergi berlibur atau bepergian meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, pastikan AC Anda sudah dimatikan sepenuhnya. Anda juga dapat memutus sambungan listrik pada AC bila Anda bepergian untuk mencegah konsumsi energi listrik saat AC tidak digunakan.

4. Memeriksa Freon

Freon adalah pendingin pada AC Anda. AC yang kekurangan Freon tidak akan bisa mendinginkan ruangan secara efisien. Setelah mencoba membersihkan semuanya, namun AC Anda tetap tidak dingin, Anda dapat menghubungi teknisi untuk memeriksa dan mengisi Freon AC bila diperlukan.