Share
Jangan Sampai Terlewat, Ini Yang Harus Dilakukan Sebelum Mencatok Rambut
Vina Meliana
04 April 2022

Mencatok rambut sering dilakukan oleh beberapa orang untuk mempercantik rambutnya. Namun, sebenarnya ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mencatok rambut.


Mencatok rambut merupakan salah satu cara termudah untuk styling rambut. Anda bisa mengatur rambut untuk menjadi lurus maupun keriting yang disesuaikan dengan keinginan Anda. Panas pada catokan rambut yang membuat rambut mudah untuk diatur dan bisa disesuaikan dengan lekuk catokan.

Walaupun catok mempermudah proses styling rambut, namun teknik ini juga dapat merusak rambut karena panasnya catokan yang membuat rambut cepat kering. Terutama sering sekali terjadi pada orang-orang yang kurang memperdulikan beberapa hal penting sebelum melakukan catok rambut. Berikut ini tiga hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum mencatok rambut.

Keringkan Rambut

Kondisi rambut yang kering dapat mempermudah styling rambut Anda. Jika Anda ingin mencatok rambut sehabis keramas, maka Anda perlu mengeringkan rambut sampai kering. Jangan sampai rambut yang basah dikeringkan dengan catokan karena itu akan merusak alat catokan dan rambutmu.

Menyisir Rambut

Dengan menyisir rambut dapat meninggalkan kesan yang rapi. Maka Anda perlu menyisir rambut terlebih dahulu supaya proses styling rambut dapat lebih mudah untuk diatur. Namun, jika anda membiarkan rambut Anda dalam kondisi rambut berantakan dan kusut itu akan memperparah kondisi rambut Anda.

Gunakan Vitamin Rambut

Sehabis dicatok, rambut akan cenderung kering dan rusak. Kerusakan rambut tersebut dipicu dari panasnya catokan yang dibiarkan terus-menerus tanpa adanya nutrisi rambut yang melindungi rambut. Maka dari itu, dibutuhkan nutrisi rambut yaitu Vitamin yang berfungsi untuk melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan. Vitamin ini sangat cocok untuk menutrisi rambut Anda sebelum mencatok rambut.

Atur Suhu Catokan

Tidak semua catokan mempunyai pengaturan suhu. Namun bagi Anda yang mempunyai catokan yang memiliki pengaturan suhu, maka pastikan suhu yang digunakan tidak terlalu panas. Suhu yang panas akan sangat berbahaya untuk Anda karena dapat memicu rambut yang kering.