Share
Jangan Salah Pilih, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Minyak Zaitun
Annisa Indah
11 March 2022

Bingung melihat deretan minyak zaitun dan tak yakin apa bedanya? Simak panduan memilih minyak zaitun untuk kebutuhan Anda disini!


Dilansir dari Real Simple, terdapat ribuan jenis minyak zaitun di dunia. Minyak zaitun dapat dibedakan oleh tiga faktor utama, termasuk varietas zaitun yang ditanam dan diperas (ada lebih dari 500 varietas zaitun di dunia!), tingkat kematangan saat buah zaitun dipanen dan diperas, dan kualitas atau kadarnya. dari minyak zaitun.


Minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil/EVOO) berasal dari batch pertama dari buah zaitun yang di-press, dan merupakan kualitas tertinggi. Perasan kedua dapat menghasilkan minyak zaitun murni (virgin olive oil), yang memiliki rasa yang tidak sekuat EVOO, dan pemerasan ketiga dapat menghasilkan minyak zaitun generik. Musim juga penting dalam minyak zaitun—minyak zaitun yang dibuat dari buah zaitun di awal musim seringkali lebih pedas dan lebih kuat, sementara buah zaitun yang dipanen di akhir musim mungkin memiliki nuansa yang lebih lembut.


Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli minyak zaitun:
- Sebisa mungkin dirasakan dahulu
Walaupun sama-sama minyak zaitun, namun rasanya bisa berbeda
- Kesegaran minyak zaitun
Sebaiknya memilih minyak zaitun yang di-press dalam satu tahun terakhir
- Kemasan minyak zaitun
Minyak zaitun seharusnya dikemas dalam gelas botol yang berwarna/tinted. Paparan cahaya dan panas akan merusak rasa minyak, itulah sebabnya Anda harus menghindari apa pun yang dijual dalam wadah bening, terutama wadah plastik. Di rumah, simpan minyak Anda di lemari yang jauh dari kompor.
- Kemurnian minyak zaitun
Pastikan minyak zaitun yang akan Anda beli murni, tidak dicampur atau ditambahkan minyak lainnya. Warna minyak tak menentukan kualitas, karena dapat dipengaruhi oleh jenis zaitun yang dipakai dan musimannya ketika di-press.