Share
Jangan Disepelekan, Kenali 4 Tanda Tubuh Kekurangan Air Putih
Bunga Revina
09 May 2023

Kenali beberapa tanda umum jika tubuh kekurangan air putih di bawah ini!


Seperti yang kita ketahui, tubuh memerlukan banyak cairan untuk menjalankan fungsinya. Salah satu cairang yang penting bagi tubuh adalah air putih. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan bahwa sebaiknya kita minum 8 gelas air per hari. Karena jika tubuh kekurangan cairan, tubuh akan memberikan sinyal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi dan mempengaruhi fungsi organ lainnya.

Agar Anda dapat mengetahui kecukupan cairan yang masuk dalam tubuh, kenali beberapa tanda tubuh kekurangan air putih di bawah ini.

Sering Merasa Haus dan Mulut Kering

Menurut Seth Smith selaku profesor rekanan klinis di University of Florida Department of Orthopaedics and Rehabilitation mengatakan bahwa Anda akan sering merasa haus jika kekurangan 2 persen cairan tubuh. Selain itu, tanda tubuh kekurangan air putih juga dapat terlihat jika Anda merasa mulut terasa kering. Tubuh akan kesulitan memproduksi air liur saat kekurangan cairan.

Sakit Kepala dan Lemas

Kondisi sakit kepala tidak selalu menjadi pertanda gejala penyakit. Kekurangan cairan tubuh dapat pula ditandai dengan sakit kepala. Menurut Sean McCaffrey selaku pendiri McCaffrey Health Clinic mengatakan “Ketika kita mengalami dehidrasi, jaringan di otak kita kehilangan air yang mengakibatkan penyusutan otak sementara. Saat ini terjadi, otak kita berkontraksi dari tengkorak kira, memicu reseptor rasa sakit dan mengakibatkan sakit kepala”. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat membuat tekanan darah menjadi drop, darah mengalir begitu lambat ke otak dan ke jantung meningkat. Hal inilah yang membuat tubuh terasa lemas.

Kulit Kering

Tahukah Anda bahwa kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memerlukan suplai darah yang cukup. Jika Anda merasa kulit menjadi lebih kering dari biasanya, bisa jadi ini menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan air putih.

Urine Berwarna Gelap

Melihat warna urine dapat menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kecukupan cairan tubuh. Jika warna urine berwarna kuning gelap, ini dapat menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan air putih. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan menahan air agar tetap bertahan di sistem. Ginjal pun harus bekerja lebih kerasa untuk menjaga urine agar tetap berkonsentrasi sehingga tubuh bisa menahan sebanyak mungkin air.