Jangan Disepelekan, Ini Kenapa Anda Harus Mulai Memakai Eye Cream Secepatnya!
Putrika Annaya Salsabila
12 August 2022

Anda ingin memiliki kulit sehat dan tampak muda? Maka Anda tidak boleh meninggalkan eye cream pada rutinitas skincare Anda!


Ketika Anda telah mendalami dan memberikan perhatian khusus terhadap skincare, mungkin Anda sudah tidak awam dengan eye cream. Namun, jika Anda belum familiar, maka sudah saatnya Anda mencari tahu lebih dalam. Sebab, eye cream memiliki peran yang krusial untuk kesehatan kulit Anda.

1. Mengapa Harus Menggunakan Eye Cream?

Eye cream sebenarnya sangat mirip dengan pelembab yang biasanya Anda gunakan di seluruh area wajah. Inilah penyebab sebagian orang menganggap mereka tidak lagi memerlukan eye cream. Namun, jika dibandingkan dengan pelembab biasa, bahan-bahan yang terkandung dalam eye cream sebenarnya diformulasikan tanpa bahan kimia atau wewangian yang dapat menyebabkan iritasi pada area mata yang sensitif. Bukan hanya itu, konsistensinya juga berbeda sebab eye cream biasanya agak lebih kental daripada pelembab biasa. Selain itu, bahan dan formula khusus dalam eye cream juga dapat mengatasi masalah umum di area mata, seperti bengkak atau lingkaran hitam.

2. Khasiat Eye Cream

Kulit di sekitar area mata sangat halus sehingga biasanya menjadi area pertama yang menunjukkan garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan. Munculnya kekeringan di sekitar mata juga menjadi masalah umum yang memburuk seiring waktu karena sebum yang diproduksi di area mata cenderung lebih sedikit. Di sini lah eye cream muncul sebagai penyelamat.

Bahan yang melembabkan pada eye cream dapat membantu melindungi kulit di area tersebut dan menunda tanda-tanda penuaan. Dengan melembabkan kulit secara benar juga akan mengurangi munculnya garis-garis halus sebab bahan dasar eye cream dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit. Selain itu, banyak eye cream yang juga mengandung SPF sehingga akan melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak dan mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan. Pilihlah eye cream dengan SPF 15 atau lebih demi mencegah kerusakan yang tidak perlu dan menjaga kesehatan kulit.

3. Risiko Eye Cream

Bukan hanya sangat halus, kulit di sekitar area mata juga lebih sensitif dibandingkan area lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih eye cream yang bebas dari wewangian atau bahan kimia lain yang dapat menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi. Anda dapat meminta rekomendasi dari dokter kulit profesional atau ahli bedah plastik untuk menghindari bahan-bahan yang berbahaya. Walaupun produk berkualitas profesional telah diuji dan aman untuk digunakan kebanyakan orang, itu semua kembali lagi pada jenis kulit Anda.

4. Memilih Eye Cream yang Tepat

Produk eye cream yang ditawarkan di pasaran sangat banyak dan bervariasi sehingga Anda bisa saja kebingungan untuk memilih. Kunci utamanya adalah untuk memperhatikan baik-baik bahan yang terkandung dalam produk. Produk yang mengandung wewangian sintetis yang dapat menyebabkan iritasi harus dijauhi. Carilah produk yang mengandung bahan pelembab dan anti penuaan seperti peptida, ceramide, dan vitamin A atau E. Jika Anda masih ragu, maka opsi terbaik adalah memilih produk berkualitas profesional yang dapat dibeli melalui dokter kulit atau ahli bedah plastik.

5. Kapan Harus Mulai Menggunakan Eye Cream?

Tiap orang mengalami proses penuaan dengan tingkat yang berbeda. Namun, mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Anda bisa mulai menggunakan eye cream untuk mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, atau kendur daripada mengobati tanda-tanda penuaan yang telah berkembang. Biasanya, disarankan untuk mulai menggunakan eye cream saat di usia awal hingga pertengahan dua puluhan. Jika Anda menunggu saat sudah di akhir usia dua puluhan atau tiga puluhan, garis-garis halus bisa jadi sudah terlanjur muncul. Sebab, eye cream akan berfungsi secara optimal untuk mencegah dan mengurangi kerusakan, bukan mengembalikan kerusakan yang telah terjadi. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mulai menggunakan eye cream secepat mungkin.