Share
Jangan Anggap Sepele, Inilah Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
13 February 2023

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk kebugaran tubuh.


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan berjalan kaki. Meski terdengar sepele, berjalan termasuk dalam olahraga kardio yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa berjalan kaki rutin selama 30 menit setiap hari dapat memberikan segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Olahraga ini pun sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari berjalan kaki rutin setiap hari dilansir dari berbagai sumber.

Menyehatkan Jantung

Berjalan kaki memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan berjalan kaki, denyut jantung serta sirkulasi darah di dalam tubuh akan meningkat. Olharga ini juga mampu membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini tentu menjadi salah satu yang sangat diharapkan banyak orang. Siapa sangka, hanya dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari mampu membantu menurunkan dan mengontrol berat badan Anda? Berjalan kaki dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh.

Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjalan kaki secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari berbagai macam penyakit.

Menguatkan Sendi dan Tulang

Manfaat lainnya dari berjalan kaki adalah mampu membantu menguatkan mobilitas sendi dan mencegah penurunan masa tulang. Dengan rutin berjalan kaki, Anda dapat mencegah gejala nyeri pada tulang dan persendian.

Memperbaiki Suasana Hati dan Kualitas Tidur

Olahraga sederhana yang satu ini juga mampu meningkatkan efek melatonin alias hormon tidur yang akan membantu memperbaiki kualitas tidur Anda. Selain itu, berjalan kaki juga mampu membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.