Share
Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, Selebrasi Lintas Generasi Industri Mode Tanah Air
Dewi Anggriani Siregar
16 October 2023

Pekan mode tahunan terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week 2024 akan dimulai pada 23–29 Oktober 2023 mendatang di City Hall, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan. Gelaran JFW ke-16 tahun ini mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations yang menyatukan berbagai industri kreatif dan pelaku mode lintas generasi, dalam satu panggung penuhgaya dan inspirasi.


“Dengan spirit yang diusung #FashionContinuum #BridgingGenerations. JFW2024 melalui berbagai program signature-nya akan menjembatani komunikasi lintas generasi, mewadahi interaksi untuk terus mengembangkan dan memajukan industri mode Tanah Air. Para pelaku kunci; pemerintah, mitra internasional, produsen tekstil, peritel, jenama serta perancang mode, mulai dari senior hingga bibit-bibit baru berkumpul dalam spirit yang sama di panggung Jakarta Fashion Week,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week& CEO GCM Group.

JFW 3

Jakarta Fashion Week 2024 akan menyuguhkan lebih dari 100 perancang mode nasional dan internasional, serta berbagai format acara baru yang semakin menarik. JFW 2024 tentunya telah dinanti oleh semua penggemar mode Indonesia. Beberapa nama yang patut dinantikan antara lain ialah Oscar Lawalata Culture, Albert Yanuar, Ivan Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Danjyo Hiyoji, Bin House, Hian Tjen, dan masih banyak lagi. Sejumlah perancang mode internasional juga meramaikan runway JFW tahun ini. Di antaranya adalah Vegan Tiger, LIE by Lee Chung Chungdari Korea Selatan melalui Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. Tak ketinggalan Kedutaan Besar Australia yang akan menampilkan desainer dari Negara Bagian Victoria yaitu Wa-ring, dan Yanggurdi.

JFW 2

“Ada perbedaan signifikan antara JFW sebelum pandemi COVID-19 dan sesudah pandemi. Setelah era pandemi, kami merasakan bahwa interaksi penonton dengan para desainer dan brand menjadi hal yang krusial. Khalayak kini menjadi semak interekspos dari berbagai media. Konvergensi media online dan offline di masa kini menghadirkan pengalaman baru yang belum pernah ada sebelumnya,” jelas Andandika Surasetja selaku Creative Director Jakarta Fashion Week.

JFW 1

Untuk memudahkan akses dalam menyaksikan Jakarta Fashion Week 2024, para pencinta mode dapat mengikuti pagelaran mode tersebut dari berbagai kanal seperti Instagram, Facebook, X, hingga TikTok. Jakarta Fashion Week 2024 kali ini pun akan secara gencar ditayangkan melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV.

JFW 4

“Fenomena ini membuka banyak potensi kolaborasi yang lebih luas: antar brand, cross brand, hingga lintas generasi. Kami yakin, kolaborasi dari berbagai insan kreatif ini akan menciptakan napas baru yang lebih segar di industri kreatif, terutama mode Indonesia,” imbuhnya.