Share
Jadi Primadona saat Bulan Puasa, Blewah Ternyata Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan!
Dewi Anggriani Siregar
15 March 2024

Blewah merupakan salah satu buah yang kerap menjadi primadona saat Ramadan. Selain enak dan menyegarkan, blewah ternyata miliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.


Memasuki bulan Ramadan, berbagai makanan dan minuman pun akan tampak sangat menggoda. Namun ada satu jenis buah yang tidak pernah luput menjadi salah satu hal yang ikonis dengan bulan puasa, yakni blewah. Tentu tidak sulit untuk menemukan buah ini ketika bulan Ramadan tiba, berbagai takjil olahan minuman pun menggunakan buah ini sebagai salah satu bahan utamanya.

BLEWAH

Memiliki rasa nikmat dan menyegarkan, buah ini akan sangat pas jika diminum bersama sirup dan diolah menjadi es buah. Tidak heran, jika blewah menjadi salah satu buah yang sangat digemari saat bulan Ramadan. Tidak hanya cita rasanya yang khas, buah yang memiliki nama latin Cucumis melo var. cantalupensis ini ternyata juga mengandung berbagai nutrisi dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah blewah dilansir dari berbagai sumber.

BLEWAH ICE

Mencegah Dehidrasi

Buah blewah memiliki kandungan air sebanyak 90% yang dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Oleh karena itu, buah blewah menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi di bulan Ramadan karena dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat menjalankan puasa selama satu hari penuh.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air yang banyak di dalam blewah baik untuk membantu melancarkan pencernaan Anda terlebih ketika sedang berpuasa. Selain membantu usus untuk dapat mencerna dengan baik, mengonsumsi blewah juga dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan pencernaan lainnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Buah blewah juga kaya akan antioksidan, kandungan serat, kalium, vitamin C yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang memicu risiko penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat lainnya dari buah blewah adalah mampu menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh kandungan lutein, zeaxanthin, dua antioksidan, serta vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.