Share
Jadi Destinasi Liburan Ramah Muslim, HKTB Hadirkan Berbagai Pengalaman Perjalanan Menarik
Dewi Anggriani Siregar
28 March 2024

Tampilkan pengalaman perjalanan beragam, Hong Kong Tourism Board tingkatkan upaya agar Hong Kong menjadi destinasi pilihan yang ramah Muslim bagi wisatawan Indonesia.


Industri pariwisata Hong Kong telah menunjukkan ketangguhan yang luar biasa. Wisatawan dari Indonesia turut berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata Hong Kong. Pada tahun 2023, Hong Kong menyambut lebih dari 252.000 wisatawan Indonesia, mencatat pemulihan sebesar 56% dibandingkan dengan kedatangan sebelum pandemi. Momentum positif ini berlanjut hingga Februari 2024, dengan jumlah kedatangan mencapai 101% dibandingkan dengan periode yang sama sebelum pandemi. Angka-angka ini menegaskan daya tarik Hong Kong sebagai destinasi yang memikat bagi wisatawan Indonesia.

Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, yang mencakup lebih dari 40% populasi Asia Tenggara, wisatawan Muslim dari Indonesia akan terus menjadi segmen wisatawan yang penting. Di tahun mendatang, Hong Kong Tourism Board (HKTB) akan meningkatkan upaya untuk memposisikan Hong Kong sebagai destinasi yang ramah bagi wisatawan Muslim. HKTB akan bekerja sama dengan mitra-mitra di Hong Kong untuk mengedukasi para pemangku kepentingan di Hong Kong mengenai kebutuhan wisatawan Muslim dan meningkatkan inisiatif ramah Muslim. HKTB juga akan memproduksi materi promosi yang berbeda dan meningkatkan konten situs webnya untuk menarik lebih banyak wisatawan Muslim untuk mengunjungi Hong Kong. Dengan menyediakan layanan dan fasilitas ramah Muslim, HKTB memastikan bahwa setiap kunjungan ke Hong Kong adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan Muslim.

HKTB 1

Liew Chian Jia, Regional Director of Southeast Asia, HKTB, mengatakan, "Kami sangat antusias untuk terus meningkatkan pengalaman wisatawan di Hong Kong melalui inisiatif ramah Muslim, serta memulai kemitraan strategis dengan mitra industri pariwisata kami untuk menjangkau konsumen Indonesia. Hong Kong merupakan destinasi yang unik, dan kami berkomitmen untuk menjadikan setiap kunjungan sebagai pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu dari Indonesia."

Melibatkan wisatawan Gen Z dan Muslim Indonesia melalui media sosial dan kemitraan

HKTB terus berinovasi dalam menjangkau audiens baru dan meningkatkan jumlah pengunjung, dengan fokus pada pengembangan segmen Gen Z melalui platform seperti TikTok. Dengan konten yang kreatif dan relevan, HKTB telah berhasil dan terus berupaya untuk menarik perhatian generasi muda yang aktif di media sosial. Kampanye unggulan terbaru di TikTok mencakup TikTok Trip to Hong Kong yang sedang berlangsung dan Throwback Campaign, yang keduanya berkolaborasi dengan KOL Indonesia, seperti Canny Claudya, Yuda Bustara, Lusia Angelin (Ladyguides), Tiffany Jolie, Ucita Pohan, dan Marischka Prudence.

Selain itu, HKTB secara aktif mengejar pasar Indonesia melalui kemitraan strategis dengan agen perjalanan, agen perjalanan online, dan maskapai penerbangan yang merupakan langkah penting dalam menciptakan pengalaman yang disesuaikan untuk wisatawan Indonesia.

Meningkatkan pengalaman wisata dengan Mega Event dan Atraksi Baru di Hong Kong

Hong Kong terkenal dengan beragam acara skala besar yang memukau, dan HKTB terus meningkatkan pengalaman pengunjung dengan acara-acara yang baru dan telah direvitalisasi sepanjang tahun. Salah satunya adalah pembaruan "A Symphony of Lights," pertunjukan cahaya spektakuler yang memadukan cahaya, musik, dan laser yang memukau di Victoria Harbour. Acara ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan cakrawala malam Hong Kong secara langsung. Selain itu, festival musik ikonik seperti Clockenflap dan Creamfields Hong Kong juga menjadi bagian dari kalender acara menarik di Hong Kong. Festival musik internasional ini menampilkan berbagai genre musik dari artis lokal dan internasional dan sangat diterima dengan baik oleh segmen Gen Z dan Milenial.

Hong Kong juga menawarkan berbagai kegiatan budaya dan seni yang menawan sepanjang tahun untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Mulai dari Parade Tahun Baru Imlek Internasional yang meriah dan penuh warna di awal tahun, rangkaian program Seni yang memukau di bulan April dan Mei, hingga perayaan Natal yang megah selama Hong Kong Winterfest, selalu ada yang dapat dinikmati oleh pengunjung segala usia.

Penambahan terbaru dari berbagai atraksi di Hong Kong adalah World of Frozen, sebuah wahana bertema Frozen yang menawan di Hong Kong Disneyland. Sebagai pengalaman bertema Frozen pertama dan terbesar di dunia, wahana ini menawarkan kesempatan bagi para wisatawan untuk membenamkan diri sepenuhnya dalam dunia film Frozen yang memesona. Pengunjung dapat menjelajahi kerajaan Arendelle, dan merasakan pemandangannya yang menakjubkan, budaya yang kaya, dan petualangan yang mendebarkan.