Share
Isu Sosial dan Politik dalam Koleksi Lagos Fashion Week Edisi ke-10
Adelia Ayu
05 November 2021

Berbeda dengan pagelaran fashion week di beragam kota besar dunia, Lagos Fashion Week merayakan selebrasi kultural, ekspresi diri dan inklusivitas dalam dunia adi busana.



Pagelaran fashion week yang dirayakan di Lagos, Nigeria, memiliki ciri khas dibandingkan kota besar seperti Milan, Paris dan New York. Melalui visi cemerlang sang founder, Omoyemi Akarele, Lagos Fashion Week menjadi pusat adi busana Benua Afrika dan merubah cara pandang sebagian besar masyarakat Afrika yang menganggap fashion sebagai sebuah bentuk entertainment bagi wanita yang membosankan.


Tahun ini, Lagos Fashion Week menghadirkan konsep gabungan digital shows, intimate presentations dan runway show yang digelar secara fisik di Federal Palace Hotel. Mengambil inspirasi dari isu politik, sosial dan kisah pandemi COVID-19 di Afrika, fashion week tahun ini fokus pada tema healing dan surviving dengan menampilkan warna-warni terang dan aksen military. Berikut adalah deretan show terbaik dari Lagos Fashion Week 2021:


Andrea Iyamah


Menampilkan ciri khasnya melalui storytelling dan kesan lembut, desainer fashion Nigeria-Kanada ini menampilkan konsep runway show intimate dengan jumlah tamu terbatas di sebuah kubah putih. Mengangkat tema healing di tengah kondisi yang tidak pasti, koleksi kali ini menampilkan palet warna earthy. Menghadirkan pieces seperti flowy dress, halter tops dan swimsuits berwarna terang, koleksi terbaru Andrea Iyamah mencerminkan semangat hidup pasca pandemi.


Cynthia Abila


Dengan menghadirkan pieces terinspirasi dari kultur tradisional Nigeria, desainer Cynthia Abila menampilkan sisi vibrant khas Afrika dari permainan warna-warni layer pada koleksi terbarunya. Dengan siluet tegas yang dipadukan dengan outfit yang stand out seperti penggunaan kain tradisional Afrika Barat, Aso-Oke pada suits bergaya Barat, koleksi terbaru Abila menunjukan preservasi kultur dengan sentuhan modern melalui aksen fringe dan shoulder details.


Odio Mimonet


Seperti tema keseluruhan Lagos Fashion Week 2021 yang menampilkan kebahagiaan di tengah masa sulit, desainer fashion Nigeria lulusan London College of Fashion ini menampilkan beragam era melalui pieces pada fashion week tahun ini. Menggabungkan warna primer dengan tekstur yang kompleks, Mimonet menampilkan koleksi bersiluet pakaian tradisional Nigeria dengan aksen futuristik dan timeless.


Emmy Kasbit


Koleksi dari brand ini merupakan salah satu yang ditunggu di Lagos Fashion Week 2021 karena Sang Direktur Kreatif, Emmanuel Okoro meraih gelar juara pada pagelaran pertama ‘Africa Fashion Up’, ajang fashion yang bekerja sama dengan brand Balenciaga. Mengambil inspirasi dari perang saudara Nigerian-Biafrian pada tahun 1967, Okoro memasukan warna bendera Biafrian (merah, kuning, hitam dan hijau) dan kain bertuliskan prasasti dari bunker pemimpin tentara Biafrian di dalam koleksinya. Koleksi Okoro berhasil memadukan sejarah dan preservasi kultur dalam balutan busana masa kini.


Orange Culture



Apabila Emmy Kasbit menampilkan koleksi yang berpusat pada sejarah Afrika, koleksi Orange Culture mengangkat isu politis yang sempat menghebohkan Afrika dua tahun lalu, '2020 End SARS Protest'. Menampilkan potongan video seorang perempuan yang berteriak “We want to be fresh” yang menyiratkan opresi penegak hukum pada kaum muda fashionable. Sebagai brand yang terkenal rebellious dan penuh opini, Orange Culture menampilkan keseimbangan antara calm dan crazy melalui pieces seperti dark overshirts di atas kaus warna-warni.