Share
Ireland’s Eye, Persembahan Karya Kritis 5 Seniman Irlandia
Trisha Aulia
20 March 2023

Dalam rangka merayakan St. Patrick’s Day, Kedutaan Besar Irlandia menghadirkan pameran bertajuk ‘Ireland’s Eye’ dengan menampilkan karya 5 seniman Irlandia yang mengeksplorasi sejumlah isu menarik dari sudut pandang Irlandia.


Dalam rangka merayakan St. Patrick’s Day yang jatuh pada 17 Maret, Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia kembali menggelar pameran seni yang bertajuk ‘Ireland’s Eye’ dengan menggandeng ISA Art dan Jakarta Land. Pameran ini dapat Anda kunjungi mulai 17 Maret hingga 7 April 2023 di lobi World Trade Center 2, Jakarta.

Tahun ini, Ireland’s Eye mempersembahkan karya-karya dari 5 seniman asal Irlandia yang mengajak Anda untuk mengeksplorasi isu-isu kritis dari perspektif Irlandia sebagai sebuah negara pulau yang diapit dua benua, yakni benua Eropa dan Amerika, di mana posisi strategis tersebut menjadi pondasi untuk menciptakan visi yang kreatif dan independen.

Karya-karya yang dipersembahkan dalam Ireland’s Eye dikurasi oleh Mark Joyce dari IADT, Dublin dengan tujuan untuk menjelajahi ide tentang seni visual sebagai sebuah “mata” penting dalam dunia yang semakin terkoneksi namun terpolarisasi ini.

Kelima seniman, Lucy Peters, Mandy O’Neill, Michelle Malone, Myfanwy Frost Jones, dan Orla Comerford, menyalurkan pandangan dan pengalaman masing-masing akan perihal perubahan iklim, globalisasi, ketimpangan sosial, hingga perihal perubahan teknologi melalui berbagai pendekatan dan media yang menjadi keahlian mereka.

Baik dalam bentuk patung, fotografi, maupun video, hasil karya para seniman yang terlibat dalam pameran ini memiliki pesona dan makna mendalam yang membuat para pengunjung berpikir kritis dan merenungkan isu yang mereka angkat dalam karya mereka.

Lewat pameran seni ini, Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia ingin menunjukkan bahwa Irlandia memiliki banyak seniman yang berbakat sekaligus memperkenalkan mereka kepada audiens yang lebih luas. Terlebih, pergelaran ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan antara Irlandia dan Indonesia melalui sebuah kesamaan di mana keduanya berbagi identitas budaya dan seni yang kuat, yang diterjemahkan ke dalam berbagai bentuk karya.

Tahun 2023 Ini menjadi tahun ke-2 penyelenggaraan pameran seni Ireland’s Eye. Di tahun sebelumnya, Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia menggelar Ireland’s Eye untuk pertama kalinya di lokasi yang sama, yaitu di World Trade Center 2, namun dengan tema dan juga karya dari seniman yang berbeda.

Sebelumnya, Ireland’s Eye menampilkan karya dari enam seniman, di antaranya adalah Anishta Chooramun, Jamie Cross, Louis Vaugh, Vanessa Jones, Bara Palcik, dan Ciara Roche. Dalam pameran tersebut, para seniman tersebut mengeksplorasi makna sejati dari apa yang mereka sebut sebagai rumah di abad ke-21 ini.