Share
Intip Kemeriahan Upacara Penghargaan Musik Bergengsi Grammy Awards 2023
Roziana Lailatul Hidayah
14 February 2023

Perayaan ke-65 Tahun Grammy Awards diselenggarakan dengan beberapa wajah berbeda. Intip kemeriahan Upacara Penghargaan Musik Grammy Awards 2023 berikut ini.


Awal tahun 2023 ini tepatnya pada tanggal 5 Februari lalu, upacara penghargaan musik bergengsi Grammy Awards 2023 dilaksanakan. Perayaan ke-65 Tahun Grammy Awards kali ini diselenggarakan di Crypto.com Arena, Los Angeles, California. Upacara penghargaan musik tahunan yang sudah melegenda ini menyajikan beberapa hal baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yuk intip seperti apa penyelenggaraanya di awal tahun 2023 ini.

Upacara ini memberikan penghargaan untuk lagu rekaman terbaik, composer, dan artis dengan karya yang layak terhitung mulai dari 1 Oktober 2021 hingga 30 September 2022. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini ditambahkan lima kategori penghargaan baru meliputi : Best Alternative Live Performance, Best Americana Performance, Best Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media, Best Spoken Word Poetry Album, dan Songwriter of the Year, Non-Classical.

Perayaan yang dibawakan oleh Trevor Noah ini seperti pada dua perayaan Grammy Awards sebelumnya, yakni terbagi menjadi upacara perdana (Premiere Ceremony) dan Upacara Utama (Main Ceremony). Melalui lagu ‘I Just Want to Celebrate’ yang dibawakan oleh kolaborasi The Blind Boys of Albama, La Santa Cecillia, Bob Mintzer, Shoshana Bean, Buddy Guy, dan Maradana Curtis untuk memeriahkan acara Premiere Ceremony. Pada segmen ini, acara juga dimeriahkan oleh penampilan Samara Joy, Arooj Aftab yang berkolaborasi dengan Anoushka Shankar, Carlos Vivies, dan Madison Cunningham.

Pada bagian ke dua tepatnya dalam Main Ceremony, acara dimeriahkan oleh banyak artis dengan lagu-lagu yang hits di pergantian tahun ini. Harry Styles tampil dengan single hits terbarunya berjudul ‘As It Was’ seperti yang sudah diumumkan pada pihak Grammy pada 25 Januari lalu. Penampilan Lizzo membawakan 2 lagunya ‘About Damn Time’ dan ‘Special’ juga menambah kemeriahan acara. Selain itu, dengan lagu yang tidak kalah hitsnya Sam Smith bersama Kim Petras menampilkan single mereka berjudul ‘Unholy’ dan masih banyak lagi penampilan lainnya.

Dengan penampilan yang sangat meriah, beberapa penyanyi solo seperti Cardi B, SZA, dan Jennifer Lopez juga ikut andil dalam menjadi presenter pada Grammy Awards 2023. Pada Main Ceremony Cardi B mengumumkan nominasi dan pemenang Best Rap Album dan Jennifer Lopez juga turut mengumumkan nominasi dan pemenang Best Pop Vocal Album. Untuk kategori Best Musica Urbana Album diumumkan oleh SZA.

Total terbanyak peraih nominasi penghargaan Grammy Awards tahun ini dimenangkan oleh Beyonce yakni sebanyak 9 kategori. Beyonce masuk dalam 3 nominasi bergengsi diantaranya kategori Record of the Year dan Song of the Year melalui lagu ‘Break my Soul’, serta Album of the Year dengan lagu ‘Renaissance’. Penyanyi solo wanita yang aktif sejak 1997 ini juga masuk dalam nominasi Best R&B Performance, Best Traditional R&B Performance, Best R&B Song, Best Song Written for Visual Media, dan Best Remixed Recording. Sementara itu, melalui albumnya yang berjudul ‘Harry’s House’, Harry Styles berhasil memenangkan 3 penghargaan, Album of the Year; Best Engineered Album, Non-Classical, dan Pop Vocal Album of the Year.

Boy Band Korea Selatan yang fenomenal hingga saat ini, BTS juga masuk dalam nominasi Best Pop Duo/Group Performance dan Best Music Video. Itulah beberapa kemeriahan dalam Upacara Penghargaan Musik Tahunan Grammy Awards 2023 yang tidak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya.