Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Intip Hidangan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Wine & Dine06 April 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Intip Hidangan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Ramadan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan ke sembilan dalam kalender Islam ini selalu memberikan suasana dan kebahagian tersendiri bagi siapapun.


Baik di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia, bulan Ramadan disambut dan dilaksanakan dengan perayaan yang berbeda-beda. Tidak hanya berbagai tradisi unik, berbagai makanan khas dan beragam seperti menu sahur serta berbuka puasa juga menjadi hal yang selalu menarik untuk diulas. Berikut beberapa kuliner khas Ramadan dari berbagai penjuru dunia.

Indonesia

Ada banyak sekali jenis makanan khas bulan ramadhan yang selalu disajikan di Indonesia. Salah satunya adalah kolak dan gorengan. Kolak dan gorengan menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen dalam menu berbuka puasa di Indonesia.

Kolak merupakan hidangan yang disajikan bersama santan putih dan daun pandan serta terbuat dari berbagai bahan seperti pisang, kacang hijau, singkong, ubi, dan lain-lain. Kolak dan gorengan memang merupakan perpaduan yang tepat untuk disantap ketika berbuka puasa.

Malaysia

Malaysia juga memiliki kuliner khas yang selalu disajikan ketika bulan Ramadan, salah satunya adalah bubur lambuk. Bubur lambuk merupakan hidangan yang terbuat dari campuran, beras, lobak, dan daging sapi yang dicincang. Dengan tambahan rempah kulit kayu manis, cengkeh dan jintan putih, bubur lambuk menjadi makanan yang sangat pas dinikmati sata sahur maupun berbuka.

Turki

Jika Malaysia punya bubur lambuk, Turki punya ramazan pidesi yang mudah Anda temukan di sekitaran Turki ketika memasuki bulan Ramadan. Memiliki cita rasa yang cenderung manis, ramazan pidesi terbuat dari roti dengan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat.

Pakistan

Hidangan khas yang wajib dicoba di Pakistan saat bulan Ramadan adalah falooda. Falooda merupakan minuman yang dibuat dari air mawar dan campuran yoghurt. Minuman khas Pakistan yang satu ini sangat mirip dengan smoothies.

India

Hidangan yang satu ini juga menjadi hidangan khas yang biasanya banya disajikan di daerah India dan Pakistan ketika bulan Ramadan. Shami kebab merupakan kebab yang berisi daging domba atau sapi yang diberi bumbu bawang putih, jahe, kayu manis, merica, cengkeh, jinten, mint, ketumbar, serta cabai hijau. Shami kebab ini biasa disajikan bersama saus tomat, onion ring, dan chutney-mint ketumbar.

Palestina

Palestina punya hidangan yang persis dengan siomay dan selalu dicari ketika bulan Ramadan. Sekilas, malfouf tampak sepeti siomay kubis dengan isi yang beragam seperti daging cincang, beras, buncis, dan kacang-kacangan. Malfouf biasanya didajikan dengan taburan bawang goreng dan saus lemon.