Intip Cara Mengaplikasikan Era Y2K Fashion di Tahun 2022
Irma Luthfiya
26 April 2022

Era Y2K dimulai pada akhir 90-an yang lahir berkat meningkatnya popularitas internet dan ledakan teknologi di seluruh dunia.


Fashion futuristik dan pecinta teknologi dari akhir 90-an dan awal 2000-an kembali untuk putaran kedua. Hal ini ditampilkan melalui Baby Tees, Shiny Materials, Baguette Bag, dll yang menjadi ciri khas era tersebut. Jika Anda merindukan kembalinya pakaian metalik, permen karet pink, dan baju olahraga velour, Anda beruntung. Estetika Y2K telah kembali dan inilah cara Anda dapat memakainya di tahun 2022.

1. Kaos Bayi

T-shirt mungil-mungil ini adalah beberapa tren lucu dari awal 2000-an yang kembali lagi. Biasanya, kemeja ini dipotong di atas pusar dan lebih pas di dada. Anda dapat menemukan atasan dengan kutipan unik, karakter atau pola lucu di bagian depan, atau gambar merek Y2K yang ikonik seperti Fiorucci atau Juicy Couture. Gaya ini dengan celana jeans longgar, rok lipit, atau potongan denim ini dapat menjadi pilihan serbaguna untuk lemari pakaian Anda dan cocok untuk hampir semua hal.

2. Bahan Mengkilap

Dengan ledakan teknologi di awal 2000-an, ide mode futuristik menjadi tren besar. Bahan mengkilap dalam nuansa perak atau mutiara adalah cara yang bagus untuk membuat pakaian Anda menonjol dan menambahkan sentuhan nostalgia. Cobalah jaket puffer metalik atau celana panjang. Anda juga dapat memadukan dengan warna cerah lainnya seperti pink, biru atau ungu. Jika Anda lebih suka membuatnya tetap halus, kenakan aksesori atau crop top dengan bahan yang bercahaya.

3. Tas Baguette

Tas 'it' pertama telah kembali, dan bahkan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Tas baguette yang ikonik adalah simbol sejati dari estetika Y2K, berkat lonjakan popularitasnya oleh Carrie Bradshaw di Sex and the City. Tas kecil ini terletak di bawah lengan Anda dan merupakan aksesori yang sempurna untuk menemani keseharian Anda.

Untuk nuansa yang benar-benar nostalgia, Anda dapat memilih Louis Vuitton Pochette atau Fendi Baguette Vintage dengan warna pastel dan menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi para pecinta zaman. Jika Anda lebih menyukai sentuhan futuristik, tas bahu menampilkan warna metalik dan kain mengkilap yang cocok dengan hampir semua pakaian.

4. Rok Warna-warni Lipit

Awal 2000-an sepenuhnya menganut gaya Bratz Dolls, termasuk rok lipit warna-warni. Anda dapat menemukan berbagai gaya yang paling sesuai untuk Anda. Apalagi jika Anda menyukainya mikro-mini atau sedikit lebih lama, itu mode ini akan menjadi semakin menarik untuk Anda kenakan. Potongan seragam ini sangat bagus saat dipasangkan dengan sweater besar, crop top, atau kaos bayi. Kenakan dengan sepatu chunky atau sepatu bot.

5. Ikat Atasan Depan

Salah satu tren terbesar dari tahun 2000-an yang muncul kembali adalah atasan depan dasi. Pada tahun 2021, mereka mendapat pembaruan baru dengan nada pastel dan kain bergaris. Anda dapat menatanya dengan bralette lucu atau T-shirt yang dipadukan dengan jeans berpinggang tinggi, rok mini, atau celana bermotif lebar. Gaya ini dapat Anda pakai berulang kali dan tidak akan pernah ketinggalan zaman.

6. Bandana

Salah satu tren aksesori pokok di awal tahun 2000-an adalah bandana. Aksesori ini benar-benar dapat mengubah pakaian Anda. Anda dapat menggunakannya dengan banyak cara, termasuk melipatnya menjadi segitiga dan membungkusnya di atas kepala Anda.

Anda dapat juga menambahkan beberapa kacamata hitam tipis serta menjaga agar rambut Anda tetap longgar di bawah untuk estetika Y2K. Atau, Anda dapat memelintir kain menjadi potongan tipis dan memakainya sebagai ikat kepala. Untuk bersenang-senang, cocokkan warna atau pola dengan ansambel Anda yang lain untuk tampilan yang lebih menarik.

7. Pakaian tembus pandang

Akhir 90-an dan awal 2000-an adalah waktu eksperimental untuk fashion. Salah satu tren terbesar di era ini adalah pakaian tembus pandang, yang dapat dikenakan dengan berbagai cara. Tee bayi berbahan mesh atau renda dengan bralette lucu di bawahnya.

Pada era ini beberapa mengenakan slip dress transparan yang menjadi pilihan sempurna untuk kencan atau keluar malam bersama teman-teman. Untuk suasana yang lebih kasual, kenakan kemeja button-down transparan, dengan crop top dan celana panjang. Temukan pola dan warna yang Anda sukai, dan biarkan imajinasi Anda menjadi liar.