Intip Berbagai Tips Memadukan Dekorasi Rumah yang Berani dan Unik untuk Gaya Interior Eclectic!
Putrika Annaya Salsabila
08 August 2022

Khusus untuk Anda menyukai desain interior yang mewah dan unik, gaya interior eclectic akan sangat cocok untuk Anda!


Jika Anda suka bereksperimen saat mendekorasi rumah Anda, terutama dengan hal-hal yang berani dan unik, maka gaya interior eclectic bisa menjadi salah satu opsi. Kunci dari gaya eclectic adalah memadukan gaya yang berbeda, kombinasi tekstur, serta warna-warna yang kontras sehingga menghasilkan ruangan yang indah dengan perpaduan pas. Namun, jika Anda masih merasa sedikit takut untuk memadukan berbagai furniture yang berani, maka beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda!

1. Pilih Palet Warna Inti

Memilih serangkaian warna utama untuk dekorasi eclectic Anda adalah langkah pertama yang paling tepat. Langkah ini akan membantu Anda untuk menciptakan tampilan yang terpadu dan menyatukan elemen desain eclectic bersama-sama agar seimbang. Akan lebih baik jika Anda memilih satu warna netral dan satu warna aksen untuk permulaan. Sebagai warna dasar, warna netral akan memberikan kesan menenangkan secara keseluruhan sehingga ruangan tidak akan terlihat terlalu berlebihan. Dengan warna netral yang tepat, warna aksen pilihan Anda juga akan terlihat lebih harmonis dan serasi.

2. Penutup Dinding Sederhana

Untuk menyempurnakan desain interior gaya eclectic, yang terbaik adalah menjaga dinding Anda tetap sederhana dan lugas. Wallpaper dengan motif yang rumit dapat menyulitkan Anda untuk memasukkan elemen berpola lain tanpa terlihat terlalu berat. Dinding yang dicat sederhana akan menciptakan fondasi yang kokoh untuk menghadirkan nuansa eclectic dan menciptakan fokus di tempat lain. Perlu diingat, menambahkan aksesori cerah di latar belakang yang polos jauh lebih mudah daripada menambahkan aksesori polos di latar belakang yang ramai.

Selain itu, mengecat dinding akan lebih mudah dibandingkan memasang wallpaper yang ramai. Namun, bukan berarti Anda jadi hanya memiliki satu pilihan, yaitu putih. Warna-warna gelap juga bekerja dengan baik bersama warna terang. Warna yang lebih gelap akan memunculkan kedalaman lebih saat warna terang berperan membuat ruangan tampak lebih luas dan cerah.

3. Bermain dengan Pola

Tahap ini lah di mana Anda bisa menjadi lebih berani untuk bereksperimen karena Anda dapat bermain dengan pola yang ekspresif dan memadukan gaya untuk melihat apa yang cocok dan tidak cocok. Gunakanlah nada dan warna yang serupa di seluruh skema dekorasi eclectic Anda sembari tetap mengingat palet warna inti Anda. Pasangkan item yang biasanya bertentangan satu sama lain bersama-sama. Jangan menghindar dari pola dan warna yang bentrok karena mereka akan membantu untuk menciptakan nuansa yang unik.

4. Bereksperimen dengan Tekstur

Selain bermain dengan pola, hal yang sama berlaku untuk tekstur. Bersenang-senanglah dengan eksperimen tekstur dan bawa tekstur yang berbeda untuk membuat dekorasi rumah eclectic yang unik dan harmonis. Cara cerdas untuk melakukan ini tanpa terkesan berlebihan adalah dengan menggunakan tekstur yang berbeda di seluruh ruangan dalam dosis kecil. Tempatkan tekstur halus di samping yang kasar dan yang lembut dengan yang keras, seperti meletakkan sofa mewah dan bantal di sebelah meja kopi bergaya industrial.

5. Gallery Wall

Tidak ada gaya interior desain yang lebih sempurna untuk menyertakan gallery wall selain gaya eclectic. Anda dapat bermain saat gallery wall dengan bereksperimen dengan warna, dimensi, dan gaya untuk menciptakan ruang tamu bergaya eclectic bohemian yang sempurna. Gallery wall juga akan terlihat serasi di dinding sederhana sebab di sini Anda dapat memperlihatkan banyak kepribadian dan minat Anda. Hal ini juga akan memberikan titik fokus yang khas. Pilihlah gaya bingkai yang berbeda untuk melengkapi karya seni yang Anda masukkan ke dalamnya.

6. Gaya Furniture Berbeda

Mencampur dan mencocokkan gaya desain furniture yang berbeda adalah cara lain untuk mewujudkan gaya eclectic yang indah. Intinya, inilah dekorasi bergaya eclectic adalah tentang memadukan yang lama, yang baru, modern, dan klasik. Anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah Anda miliki di rumah dan kontraskan dengan fitur baru untuk memaksimalkan apa yang sudah Anda miliki.

7. Objek Pernyataan

Apa pun objek pernyataan Anda dan bagaimanapun Anda membuat pernyataan itu, semuanya terlihat berani. Oleh karena itu, hindari pernyataan yang terlalu banyak dalam satu ruangan. Bergantung pada ukuran ruangan Anda, satu atau dua objek pernyataan (jika ruangannya besar) akan lebih dari cukup untuk menarik perhatian.