Share
International Coffee Day: Manfaat Sehat dari Minum Kopi
Clara Enocensia
01 October 2021

Sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi.


Kopi adalah minuman berkafein yang selalu menjadi primadona sepanjang jaman, bahkan sebagian dari kita tidak bisa melewatkan hari tanpa segelas kopi. Bukan hanya terkenal dengan kemampuannya yang dapat meningkatkan energi, kopi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

1. Menurunkan resiko diabetes

Polifenol adalah senyawa yang terkandung di dalam kopi. Penelitian membuktikan bahwa polifenol dalam kopi mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Ternyata kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kopi mengandung senyawa tanaman alami yang telah terbukti membantu melindungi dari beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

3. Meningkat energi

Kafein yang ditemukan dalam kopi telah terbukti meningkatkan kadar epinefrin dalam darah serta merangsang pemecahan lemak, sehingga asam lemak bebas dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kedua faktor ini bersama-sama dapat membantu mendorong dan memberi energi pada latihan atau olahraga.