Share
Intan Ayu Kartika: Perempuan Harus Berani Mengekspresikan Diri dan Jangan Overthinking
HighEnd Magazine
10 March 2023

Intan Ayu Kartika merupakan role model inspirasional perempuan Indonesia kekinian. Dia membuktikan bahwa perempuan juga memiliki potensi untuk berkarya di industri digital dan teknologi. Foto. MPI/Faisal Rahman


JAKARTA - Cuaca cerah saat kami bertandang ke kantor Lazada Indonesia, Capital Place, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (3/3/2023) pagi. Ruangan kantor Lazada Indonesia, e-commerce terbesar Tanah Air, terlihat minimalis modern.

Kesan artsy terlihat pada desain mural di sebagian dinding kantor. Penempatan furnitur dengan desain ergonomis di setiap sudut ruangan, semakin menegaskan profil kantor yang kreatif dan atraktif.

Lingkungan kerja di Lazada Indonesia sangat dinamis dan menyenangkan. Karyawan sangat menjunjung tinggi keramahtamahan serta kekeluargaan. “Pagi, silakan ditunggu, ya. Ibu Intan sedang ada tamu,” tutur resepsionis kantor.

Sembari menunggu di sofa panjang, kami disuguhi minuman hangat dan snack. Tidak lama berselang, Intan Ayu Kartika, Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia, mempersilakan kami memasuki Lounge LazBeauty. Ruangan ini jaraknya hanya beberapa langkah dari meja resepsionis. “Kebetulan ruangan ini baru banget jadi,” kata Intan, panggilan akrabnya.

Ramah dan ringan senyum. Itulah kesan pertama yang kami tangkap. Balutan busana muslim tunik sutra Garut membuat penampilannya kian memesona. Riasan natural membuatnya terlihat cantik. "Kebetulan kalau acara formal, saya suka pakai busana seperti ini, hari ini busana muslim dari bahan sutra Garut. Saya juga koleksi busana tenun dari beberapa daerah," katanya diselingi senyum.

Perbincangan kami pagi itu ditingkahi canda dan tawa. Duduk di atas sofa panjang warna merah muda, Intan mulai bercerita seputar perjalanan kariernya. Sebelum bergabung di Lazada Indonesia, Intan pernah menduduki beberapa jabatan strategis di perusahaan ternama.

Lulusan terbaik kedua Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, ini mulai bergabung dengan Lazada Indonesia sebagai Chief Marketing Officer (CMO) sejak Maret 2022. Dia membawa segudang pengalamannya selama hampir 20 tahun di bidang FMCG (Fast Moving Consumer Good), dengan fokus pada marketing dan branding.

Memikul jabatan sebagai CMO Lazada Indonesia, dan menahkodai 60 karyawan, bukanlah tanggung jawab mudah. Dia bertugas melakukan perencanaan strategis yang sejalan dengan visi perusahaan berdasarkan peluang dan tantangan pemasaran, mengidentifikasi selera pasar, merumuskan strategi yang membantu optimalisasi customer experience, hingga diferensiasi Lazada.

Terkait dengan customer experience, perempuan kelahiran Surakarta, 31 Januari 1979, ini mengatakan, Lazada Indonesia konsisten memberikan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan dan terpercaya. Baik di situs web, aplikasi seluler, proses pembelian, program menarik, hingga kampanye untuk mendukung generasi muda, khususnya perempuan, untuk terus berkarya dan berinovasi.

"Beberapa waktu lalu Lazada Indonesia menegaskan pemosisian merek Lazada yaitu Tambah ke Troli, Tambah ke Hidupmu, dimana Lazada ingin yang memberikan inspirasi dan nilai tambah dalam mendukung konsumen mewujudkan passion mereka melalui produk yang dibeli dalam setiap transaksi online. Di samping itu, ada juga kegiatan seru baru seperti talkshow, sharing session di fitur LazLive dengan para expert seputar fashion & beauty, gaming, dan cooking," tuturnya.



Kanal LazBeauty menyediakan produk kecantikan dan perawatan diri yang beragam dan berbagai inisiatif untuk dapat menginspirasi perempuan Indonesia, untuk berani mengekspresikan diri, sekaligus mencintai diri mereka sepenuhnya. Foto. MPI/Faisal Rahman

Lazada Indonesia Menginspirasi Perempuan Muda Indonesia

Bulan Maret adalah bulan yang sangat dinantikan oleh para perempuan Indonesia. Yup, bulan ini juga terasa spesial bagi Intan. Di samping memperingati Hari Perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret, Lazada Indonesia juga merayakan HUT yang ke-11 pada bulan Maret ini.

Menurutnya, Hari Perempuan Internasional menjadi tonggak bagi perempuan Indonesia untuk berani mengekspresikan diri dan mengemukakan pendapat dalam berbagai kesempatan. "Memaknai Hari Perempuan Internasional, bagi saya perempuan harus berani mengemukakan pendapat, berani mengekspresikan diri, berani mengambil keputusan, dan berdaya untuk mengembangkan diri," katanya.

Lazada Indonesia konsisten mendukung perempuan Indonesia dalam ekosistem digital dengan berbagai inovasi, diantaranya melalui LazBeauty dengan program LazBeauty Masterclass. LazBeauty sendiri adalah kanal di Lazada yang khusus menyediakan beragam produk kecantikan dan perawatan diri yang lengkap dan terkurasi.

Kanal LazBeauty juga diharapkan dapat menginspirasi perempuan Indonesia, untuk berani mengekspresikan kecantikan sekaligus mencintai diri mereka sepenuhnya dengan berbagai produk kecantikan yang ditawarkan Lazada. Selain LazBeauty, juga ada LazLook Special Collaboration yang menjadi pelengkap dari rangkaian Lazada 11 Epic Collaborations.

LazLook merupakan kanal di Lazada yang memberikan inspirasi dan koleksi fashion yang trendi, tempat para pecinta fashion menemukan inspirasi gaya #OOTD busana serta aksesoris yang trendy dan stylish yang sudah terkurasi. LazLook bekerja sama dengan fashion stylist terkemuka dalam menghadirkan inspirasi, serta referensi gaya mode untuk para fashion enthusiast.

Beberapa waktu lalu, Intan menginspirasi perempuan Indonesia untuk berani berekspresi melalui Lazada Women’s Festival dengan tema Berani Bersinar. Berbagai acara yang dihadirkan menyediakan wadah bagi perempuan untuk saling menginspirasi, mengembangkan diri, serta mewujudkan mimpi.

"Selain Lazada Women’s Festival, Lazada juga menyelenggarakan program khusus untuk pemberdayaan para pelaku bisnis perempuan yaitu Lazada Elevate Women 2022. Program Elevate Women ini didukung penuh oleh Lazada, untuk memberdayakan pelaku usaha perempuan meraih cita-cita melalui bisnisnya," katanya.

Intan terus berupaya menyalurkan semangatnya untuk memberdayakan perempuan dan menutup kesenjangan dalam ekosistem ekonomi digital. "Terkait pemberdayaan perempuan, hingga saat ini saya masih menjadi pembicara di berbagai forum, khususnya mahasiswa dan pemasar muda, untuk berbagi ilmu dan pengalaman," kata Intan yang pernah menjadi Head Of Education Indonesia Diaspora Network Chapter Manila tahun 2018-2019.

Lazada Indonesia juga senantiasa memberikan kesempatan bagi generasi muda mengembangkan potensinya di industri e-commerce dan teknologi. Lazada Indonesia memfasilitasi minat generasi milenial untuk berkarier di e-commerce melalui program LazPrentice. "Kesempatan magang di Lazada Indonesia dalam program LazPrentice (Lazada Apprenticeship Program), untuk mendapatkan pembinaan strategis dari Lazada Indonesia," katanya.


Peran perempuan masa kini tidak hanya soal urusan rumah tangga saja, perempuan juga memiliki peran yang besar terhadap perekonomian nasional. Foto. MPI/Faisal Rahman

Keluarga dan Karier Tetap Seimbang

Tak jarang bagi orang-orang yang mendengar kisah Intan, langsung berpikir bahwa menyeimbangkan karier dan keluarga dengan baik merupakan hal yang mustahil. Namun, sebagai seorang CMO yang sibuk, ia tetap bisa menyempatkan diri untuk senantiasa menghabiskan momen berkualitas bersama keluarga.

Dia tidak pernah melupakan perannya sebagai istri dan ibu tiga anak. Pada waktu senggangnya, Intan bisa ditemui di rumah dengan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Di samping itu, untuk menghibur diri, ia sering mendengarkan musik dan menonton film.

"Work-life balance itu sangat penting. Harus seimbang antara pekerjaan dan keluarga. Keluarga sangat mendukung saya dalam berkarier. Saya tidak pernah melupakan tanggung jawab saya sebagai ibu dan istri," ujarnya.

Intan percaya bahwa seluruh perempuan Indonesia mampu menunjukkan kualitas terbaiknya. Peran perempuan masa kini tidak hanya soal urusan rumah tangga saja. Perempuan juga memiliki peran yang besar terhadap perekonomian nasional.

"Dalam berkarier, kita sebagai perempuan jangan terlalu overthinking, just do it. Perempuan harus berani mengekspresikan diri. Lakukan yang terbaik di bidang pekerjaan kita. Percaya dengan kemampuan kita, bahwa setiap rintangan dapat kita lalui, tentunya dengan mencari solusi yang terbaik," tuturnya.

Lulusan STT Telkom Bandung jurusan Teknik Industri ini tak kenal lelah menginspirasi generasi muda Indonesia, khususnya remaja putri, untuk terus meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta berani mengekspresikan diri untuk masa depan yang lebih cerah.

Intan adalah role model inspirasional perempuan Indonesia kekinian. Ia membuktikan bahwa perempuan juga memiliki potensi besar untuk berkarya dalam industri digital dan teknologi di Indonesia. So, perempuan Indonesia, teruslah menempa diri dan berkarya. Jack Newa