Share
Instalasi Raksasa KAWS:HOLIDAY Muncul di Pegunungan Bersalju
Annisa Indah
05 January 2022

Kembali dengan karya seni monumental yang ke-8 dalam rangkaian KAWS:HOLIDAY, Brian Donnely alias KAWS kembali memukau.


KAWS:HOLIDAY merupakan kolaborasi antara seniman KAWS dengan penyelenggara dan kurator AllRightsReserved. Kerjasama artistic ini berupa proyek tur seni yang menampilkan tokoh khas dari KAWS, COMPANION, sebagai karya seni yang melakukan perjalanan ke berbagai tempat di seluruh dunia. Project ini lahir dari gagasan KAWS (alias Brian Donnelly) yang ingin "relaksasi, melihat ke atas dan menutup dunia di sekitarnya".


Project yang dimulai sejak 2018 ini telah hadir di UK, Taiwan, Jepang, Korea, Hong Kong, Singapura, dan bahkan luar angkasa. Kini, instalasi ke-8 dalam project ini pun hadir di Gunung Changbai, propinsi Jilin, Cina. Di samping instalasi, project ini juga meluncurkan merchandise edisi terbatas.


Patung raksasa ini, menyesuaikan dengan lansekap bersalju di sekitarnya, tampak seperti salju. Karakter COMPANION tampak duduk di bawah, memeluk versi kecil dirinya. Instalasi ini dibuka tanggal 6-16 Januari 2022 di Changbaishan Luneng Resort.


“Dengan semua tantangan yang dihadapi orang di seluruh dunia, saya pikir ini adalah waktu yang sangat penting untuk memiliki seni publik,” KAWS menjelaskan dalam siaran pers. “Lokasi di Gunung Changbai ini adalah lingkungan yang luar biasa dan merupakan suatu kehormatan memiliki kesempatan untuk menunjukkan karya saya di sini. Saya berharap orang-orang meluangkan waktu untuk berkumpul, menghentikan rutinitas kehidupan sehari-hari mereka yang biasa, dan memiliki pengalaman yang berarti dengan patung dan lanskap.”